PENGARUH MINAT MENJADI GURU, EFIKASI DIRI, DAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU (STUDI PADA MAHASISWA PRODI S1 PENDIDIKAN DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA)

SEPTIANTI, DIAN MEGA (2022) PENGARUH MINAT MENJADI GURU, EFIKASI DIRI, DAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU (STUDI PADA MAHASISWA PRODI S1 PENDIDIKAN DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA). S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
COVER - 2022-10-05T153729.706.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TABLE OF CONTENT - 2022-10-05T153827.827.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I - 2022-10-05T153936.270.pdf

Download (159kB) | Preview
[img] Text
BAB II - 2022-10-05T154020.988.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img]
Preview
Text
BAB III - 2022-10-05T154052.764.pdf

Download (283kB) | Preview
[img] Text
BAB IV - 2022-10-05T154125.140.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img]
Preview
Text
BAB V (66).pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BIBLIOGRAPHY (89).pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
JURNAL (56).pdf

Download (241kB) | Preview

Abstract

DIAN MEGA SEPTIANTI, Pengaruh Minat Menjadi Guru, Efikasi Diri, dan Praktik Pengalaman Lapangan Terhadap Kesiapan Menjadi Guru (Studi Pada Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta). Skripsi Program S1 Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk menguji tentang pengaruh minat menjadi guru, efikasi diri, dan praktik pengalaman lapangan terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa prodi S1 pendidikan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif dengan menggunakan data primer. Teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner/angket. Pendekatan pada penelitisn ini dengan pendekatan simple random sampling. Jumlah sampel sebanyak 167 orang dari 315 orang (populasi). Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan memiliki hubungan yang liniear. Berdasarkan uji parsial (uji t) dapat disimpulkan bahwa minat menjadi guru berpengaruh positif dan signikan terhadap kesiapan menjadi guru, efikasi diri berpengaruh positif dan signikan terhadap kesiapan menjadi guru, dan praktik pengalaman lapangan tidak berpengaruh terhadap kesiapan menjadi guru. Sedangkan uji koefisien regresi secara bersama-sama (uji F) menunjukkan bahwa minat menjadi guru, efikasi diri, dan praktik pengalaman lapangan berpengaruh terhadap kesiapan menjadi guru dan uji koefisien determinasi (R2) menunjukan R square memiliki nilai adalah 0,532. Hal ini dapat disimpulkan bahwa besarnya pengaruh variabel minat menjadi guru, efikasi diri, dan praktik pengalaman lapangan terhadap kesiapan menjadi guru adalah sebesar 53,2%. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah minat menjadi guru, efikasi diri, dan praktik pengalaman lapangan menjadi indikator kesiapan menjadi guru, indikator minat menjadi guru, efikasi diri, dan praktik pengalaman lapangan dapat digunakan oleh mahasiswa untuk kesiapan mahasiswa ketika menjadi guru. Kata kunci: Minat menjadi guru, Efikasi diri, Praktik pengalaman lapangan, Kesiapan menjadi guru

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Ibu Sri Zulaihati, M.Si., Pembimbing 2 : Bapak Dr. Achmad Fauzi, S.Pd., M.Ak.,
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 05 Oct 2022 08:22
Last Modified: 05 Oct 2022 08:22
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/10575

Actions (login required)

View Item View Item