PENGARUH KECERDASAN INTERPERSONAL DAN SELFREGULATED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI SISWA SMK

PURWITASARI, RETNO (2022) PENGARUH KECERDASAN INTERPERSONAL DAN SELFREGULATED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI SISWA SMK. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
TABLE OF CONTENT.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
CHAPTER 1.pdf

Download (913kB) | Preview
[img] Text
CHAPTER 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
CHAPTER 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
CHAPTER 5.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
JURNAL FULL.pdf

Download (436kB) | Preview

Abstract

Retno Purwitasari. 1701618106. Pengaruh Kecerdasan Interpersonal Dan Self-Regulated Learning Terhadap Prestasi Belajar Komputer Akuntansi Siswa SMK. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Ekonomi. Konsentrasi Pendidikan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Jakarta. 2022. Materi dalam pelajaran komputer akuntansi memanfaatkan teknologi biasa menghadirkan masalah kepada siswa. Sehingga, menghasilkan perbedaan dalam prestasi belajar siswa yang didasarkan oleh berbagai faktor. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Tujuan penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan interpersonal dan self-regulated learning terhadap prestasi belajar siswa. Populasi terjangkau penelitian ini ialah siswa kelas sebelas pada jurusan akuntansi keuangan lembaga SMKN Jakarta dengan 174 siswa. Menggunakan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata prestasi belajar siswa dalam kategori baik. Selanjutnya, siswa memiliki kecerdasan interpersonal dan self-regulated learning dalam kategori “rendah” dan dalam kategori “tinggi”. Pada penelitian ini, guru sebagai pendidik disekolah dapat membimbing dan melatih hubungan sosial siswa dengan membentuk kelompok belajar secara rutin sehingga siswa dapat meningkatkan hubungan interpersonal kepada siswa lainnya, selain itu siswa-siswa dapat memahami kebutuhan belajar masing-masing untuk membentuk strategi belajar yang akan menghasilkan tujuan belajar yang ingin dicapai. Hasil temuan penelitian ini menyatakan terdapat hubungan antara kecerdasan interpersonal dan self-regulated learning terhadap prestasi belajar komputer akuntansi siswa SMK. Kata Kunci : kecerdasan interpersonal, self-regulated learning, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Mardi, M.Si., Pembimbing 2 : Ayatulloh Michael Musyaffi, M.Ak.,
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 06 Oct 2022 15:00
Last Modified: 06 Oct 2022 15:00
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/10628

Actions (login required)

View Item View Item