FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI INITIAL PUBLIC OFFERING OVERSUBSCRIPTION DI BURSA EFEK INDONESIA

OKTIFIANI, NUR RIZKI (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI INITIAL PUBLIC OFFERING OVERSUBSCRIPTION DI BURSA EFEK INDONESIA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (665kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. TABLE OF CONTENT.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (830kB)
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (544kB) | Preview
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (738kB)
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BIBLIOGRAFI.pdf

Download (259kB) | Preview

Abstract

NUR RIZKI OKTIFIANI. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Initial Public Offering Oversubscription di Bursa Efek Indonesia. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2022. Dalam momentum Initial Public Offering (IPO), IPO oversubscription atau kelebihan permintaan jumlah lembar saham dari investor dibandingkan dengan jumlah lembar saham yang ditawarkan merupakan salah satu parameter yang menandakan bahwa IPO suatu emiten telah berjalan dengan sukses. Dimana, fenomena ini akan menghasilkan sinyal positif bagi investor. Terjadinya fenomena ini akan meningkatkan reputasi emiten baru dan membuat penjualan saham mereka di masa depan menjadi lebih mudah, sehingga likuiditas saham emiten di Bursa akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat memengaruhi IPO oversubscription pada emiten saham yang melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia (BEI), dimana faktor-faktor yang diduga dapat memengaruhi fenomena ini diantaranya status kepatuhan syariah, ukuran perusahaan, dan kondisi sentimen pasar. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang dianalisis dengan metode penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan merupakan emiten saham yang melakukan IPO di BEI selama periode Januari 2011 – Oktober 2021, dimana anggota sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan outlier. Sehingga, dalam penelitian ini menggunakan data sebanyak 235 observasi. Selanjutnya, pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program Eviews 10.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh secara negatif, sedangkan kondisi sentimen pasar berpengaruh secara positif terhadap IPO oversubscription. Sementara itu, status kepatuhan syariah tidak berpengaruh terhadap IPO oversubscription. Berdasarkan hasil tersebut, diketahui agar dapat meningkatkan peluang terjadinya IPO oversubscription, setiap emiten diharapkan dapat memerhatikan penilaian yang umumnya digunakan investor ketika berinvestasi. Dengan demikian, emiten dapat mengetahui kondisi atau waktu yang tepat untuk melakukan IPO dan berbagai faktor yang dapat meningkatkan motivasi investor untuk berinvestasi pada IPO-nya. Kata kunci: initial public offering, ipo oversubscription, status kepatuhan syariah, ukuran perusahaan, kondisi sentimen pasar

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dra. Sri Zulaihati, M.Si. Pembimbing 2 : Dwi Handarini S.Pd., M.Ak.
Subjects: Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Akuntansi (Accounting)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Akuntansi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 14 Oct 2022 02:27
Last Modified: 14 Oct 2022 02:27
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/10843

Actions (login required)

View Item View Item