PENGARUH SPONSOR-PROGRAM CONGRUENCE DAN PRODUCT PLACEMENT TERHADAP BRAND AWARENESS DAN PURCHASE INTENTION: ANALISIS EMPIRIS DALAM KONTEKS SPONSORSHIP DRAMA KOREA

LOPIES, YOUANA AGUSTINA (2022) PENGARUH SPONSOR-PROGRAM CONGRUENCE DAN PRODUCT PLACEMENT TERHADAP BRAND AWARENESS DAN PURCHASE INTENTION: ANALISIS EMPIRIS DALAM KONTEKS SPONSORSHIP DRAMA KOREA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Table of Contents.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (882kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (356kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB) | Preview

Abstract

Youana Agustina Lopies, 2021; Pengaruh Sponsor-Program Congruence dan Product Placement terhadap Brand Awareness dan Purchase Intention: Analisis Empiris dalam Konteks Sponsorship Drama Korea. Skripsi, Jakarta: Konsentrasi Manajemen Pemasaran, Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. Tim Pembimbing: Dra. Basrah Saidani, M.Si & Agung Kresnamurti Rivai P, S.T, M.M. Sponsorship dianggap sebagai salah satu strategi pemasaran antara perusahaan dengan entitas yang disponsori. Perusahaan yang berinvestasi dalam sponsorship tidak jarang mengalami perkembangan yang pesat. Selain itu, product placement juga turut serta dalam hubungan persponsoran, seperti sponsorship antara Samsung sebagai perusahaan pemberi sponsor dengan drama Korea sebagai entitas atau program yang disponsori. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh sponsor-program congruence dan product placement terhadap brand awareness dan purchase intention smartphone Samsung di Indonesia dalam konteks sponsorship drama Korea. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antar variabel melalui pengujian hipotesis. Metode pengumpulan data menggunakan metode survei dengan instrumen berupa kuesioner yang disebarkan secara daring selama kurang lebih 30 hari. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 200 responden yang berdomisili di Indonesia dan berusia 17 tahun atau lebih yang pernah menonton drama Korea yang disponsori Samsung dan/atau terdapat penemptan smartphone Samsung. Data dianalisis dengan metode PLS- SEM dan menggunakan perangkat lunak SmartPLS 3.2.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 5 dari 7 hipotesis yang didukung. Hipotesis tersebut adalah: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara sponsor-program congruence dan brand awareness, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara product placement dan brand awareness, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara brand awareness dan purchase intention, (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara sponsor-program congruence dan purchase intention yang dimediasi melalui brand awareness, dan (5) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara product placement dan purchase intention yang dimediasi melalui brand awareness. Kata kunci: sponsor-program congruence, product placement, purchase intention, brand awareness, konsumen drama Korea di Indonesia

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dra. Basrah Saidani, M.Si. Pembimbing 2 : Agung Kresnamurti Rivai P, S.T., M.M.
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Ilmu Sosial (Social Science) > Perdagangan, Komunikasi, Transportasi (Commerce, Communications, Transportation)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Manajemen
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 14 Oct 2022 03:47
Last Modified: 14 Oct 2022 03:47
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/10861

Actions (login required)

View Item View Item