FAKTOR-FAKTOR PENENTU STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN SEKTOR PROPERTI DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2015-2020

Aini, Nabila Nurul (2022) FAKTOR-FAKTOR PENENTU STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN SEKTOR PROPERTI DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2015-2020. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Nabila Nurul Aini (1705618021)_Publikasi Jurnal.pdf

Download (652kB) | Preview

Abstract

Nabila Nurul Aini, 2022; Faktor-Faktor Penentu Struktur Modal Pada Perusahaan Sektor Properti dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2020. Skripsi, Jakarta: Konsentrasi Keuangan, Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, usia perusahaan, non-debt tax shield, tangibility, growth opportunities, dan earnings volatility terhadap struktur modal pada perusahaan sektor properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2020. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah profitabilitas, ukuran perusahaan, usia perusahaan, non-debt tax shield, tangibility, growth opportunities, dan earnings volatility. Variabel terikat yang digunakan adalah struktur modal (DER dan DAR). Penelitian ini juga menggunakan variabel kontrol yaitu kepemilikan institusional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan sebanyak 43 perusahaan properti dan real estate yang sesuai dengan kriteria sampel dalam penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi data panel dengan model pendekatan Common Effect Model (CEM) dan Random Effect Model (REM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas, usia perusahaan, non-debt tax shield, growth opportunities, dan earnings volatility berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap struktur modal (DER), sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap struktur modal (DER). Hasil robustness check dengan Debt to Assets Ratio sebagai proksi struktur modal menunjukkan profitabilitas, ukuran perusahaan, usia perusahaan, dan growth opportunities memiliki hasil robust, sedangkan non-debt tax shield, tangibility, dan earnings volatility memiliki hasil tidak robust. Berdasarkan hasil yang diperoleh, penelitian ini mendukung teori trade off, teori pecking order dan teori signalling. Kata Kunci : struktur modal, profitabilitas, ukuran perusahaan, usia perusahaan, non-debt tax shield, tangibility, growth opportunities, earnings volatility, dan kepemilikan institusional.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Suherman, M.Si, Pembimbing 2 : Dra. Umi Mardiyati, M.Si,
Subjects: Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Manajemen
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 14 Oct 2022 06:26
Last Modified: 14 Oct 2022 06:26
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/10879

Actions (login required)

View Item View Item