PENGARUH PELUANG PERTUMBUHAN, UKURAN PERUSAHAAN, DAN STRUKTUR ASET TERHADAP KEPUTUSAN PENDANAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI

PAKPAHAN, RAPHITA BORNOK YULIARTA (2022) PENGARUH PELUANG PERTUMBUHAN, UKURAN PERUSAHAAN, DAN STRUKTUR ASET TERHADAP KEPUTUSAN PENDANAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (988kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TABLE_OF_CONTENT.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (131kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (780kB)
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (220kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (547kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

RAPHITA BORNOK YULIARTA PAKPAHAN. Pengaruh Peluang Pertumbuhan, Ukuran Perusahaan, dan Struktur Aset terhadap Keputusan Pendanaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderasi. Skripsi. S1 Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Jakarta. 2021 Penelitian ini dilakukan untuk menguji dan mengetahui bukti empiris dari pengaruh peluang pertumbuhan, ukuran perusahaan, struktur aset terhadap keputusan pendanaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan data sekunder, yakni laporan keuangan perusahaan sektor Industri Barang Konsumsi yang masuk ke dalam daftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017- 2019. Jumlah keseluruhan sampel pengujian adalah 112 sampel. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi moderasi yang diolah menggunakan aplikasi perangkat lunak E-views 10. Hasil uji t menunjukkan bahwa peluang pertumbuhan dengan proksi pertumbuhan aset tidak memengaruhi keputusan pendanaan. Untuk variabel variabel ukuran perusahaan yang diprosikan dengan total penjualan menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pendanaan. Begitu pula dengan variabel struktur aset yang diproksikan dengan rasio struktur aset menunjukkan bahwa struktur aset berpengaruh positif terhadap keputusan pendanaan. Profitabilitas tidak dapat menjadi variabel moderasi antara hubungan peluang pertumbuhan dengan keputusan pendanaan. Namun, profitabilitas dapat memoderasi hubungan antara ukuran perusahaan dengan keputusan pendanaan perusahaan. Adapun Profitabilitas dapat memoderasi hubungan antara struktur aset dengan keputusan pendanaan. Kata Kunci: keputusan pendanaan, peluang pertumbuhan, ukuran perusahaan, struktur aset, profitabilitas.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Etty Gurendrawati, M.Si, Ak Pembimbing 2 : Diah Armeliza, SE, M.Ak, CMA
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Akuntansi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 17 Oct 2022 06:57
Last Modified: 17 Oct 2022 06:57
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/10935

Actions (login required)

View Item View Item