PERAN LITERASI KEUANGAN DALAM MEMEDIASI PENGARUH TEMAN SEBAYA DAN KELUARGA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWA AKUNTANSI KEUANGAN LEMBAGA SMK NEGERI JAKARTA TIMUR

DANURAHMAN, ANNISA REJA (2023) PERAN LITERASI KEUANGAN DALAM MEMEDIASI PENGARUH TEMAN SEBAYA DAN KELUARGA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWA AKUNTANSI KEUANGAN LEMBAGA SMK NEGERI JAKARTA TIMUR. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (516kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (863kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (338kB) | Preview

Abstract

ANNISA REJA DANURAHMAN. 1701617155. Peran Literasi Keuangan Dalam Memediasi Pengaruh Teman Sebaya dan Keluarga Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Akuntansi Keuangan Lembaga SMK Negeri Jakarta Timur. Skripsi. Jakarta. Program Studi Pendidikan Ekonomi Konsentrasi Pendidikan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Jakarta. 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran literasi keuangan dalam memediasi pengaruh lingkungan teman sebaya dan keluarga terhadap perilaku konsumtif siswa kelas XII SMK Negeri Jakarta Timur. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer. Populasi penelitian ini berjumlah 179 siswa dengan 124 siswa dijadikan sampel penelitian dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket. Teknis analisis data yang digunakan untuk uji hipotesis yaitu dengan menggunakan analisis jalur (path analysis) dan sobel test. Hasil penelitian ini menunjukkan teman sebaya berpengaruh positif secara signifikan terhadap perilaku konsumtif. Lingkungan keluarga tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif. Literasi keuangan berpengaruh positif secara signifikan terhadap perilaku konsumtif. Lingkungan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap literasi keuangan. Lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel literasi keuangan. Tidak terdapat pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif melalui mediasi literasi keuangan. Tidak terdapat pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif melalui mediasi literasi keuangan. Hasil penelitian ini berarti bahwa yang berpengaruh atau berperan sangat dominan dalam menentukan sikap perilaku konsumtif siswa kelas XII Akuntansi Keuangan Lembaga SMK Negeri Jakarta Timur adalah lingkungan teman sebaya dan literasi keuangan sementara lingkungan keluarga tidak menjadi faktor penentu dan hubungan yang ada tidak dimediasi oleh literasi keuangan yang dimiliki oleh siswa. Peneliti menyarankan untuk peneliti selanjutnya melihat atau meneliti kembali dengan indikator yang berbeda mempengaruhi perilaku konsumtif. Kata Kunci: perilaku konsumtif, lingkungan teman sebaya, keluarga, literasi keuangan.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 :Ati Sumiati, S.Pd., MM Pembimbing 2 :Dra. Sri Zulaihati. M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:42
Last Modified: 30 Mar 2023 04:42
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11145

Actions (login required)

View Item View Item