FAKTOR-FAKTOR MEMPENGARUHI NIAT BERWIRAUSAHA: PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN EFIKASI DIRI.

NOVIYATI, SINDI (2023) FAKTOR-FAKTOR MEMPENGARUHI NIAT BERWIRAUSAHA: PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN EFIKASI DIRI. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
COVER MM.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TABLE OF CONTENT MM.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 MM 15-30.pdf

Download (461kB) | Preview
[img] Text
BAB 2 MM 31-86.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (745kB)
[img]
Preview
Text
BAB 3 MM 87-104.pdf

Download (505kB) | Preview
[img] Text
BAB 4 MM 105-136.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB 5 MM 137-142.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BIBLIOGRAPHY MM 143-150.pdf

Download (547kB) | Preview

Abstract

Nama: Sindi Noviyati NIM: 1707618028 Judul Skripsi: Faktor-faktor Mempengaruhi Niat Berwirausaha: Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, dan Efikasi Diri Penelitian ini membahas mengenai faktor-faktor niat berwirausaha yang meliputi pendidikan kewirausahaan, lingkungan keluarga dan efikasi diri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada hubungan masing-masing variabel dengan niat berwirausaha seseorang khususnya pada siswa kelas XI di SMK Negeri 50 Jakarta. Jenis penelitian ini adalah peneltian kuantitatif dengan metode survey explanatory adapun sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 50 Jakarta angkatan 2022/2023 yang sudah mendapatkan mata pelajaran kewirausahaan, adapun peneliti menggunakan tujuh hipotesis dalam penelitian ini. Selanjutnya, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini digolongkan menjadi dua sumber yakni; 1) data sekunder, 2) data primer, data primer terdiri dari metode angket atau survei dan data sekunder dengan metode studi kepustakaan. Lalu, teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan yaitu; uji validitas, uji reliabilitas, uji SEM, dan uji mediasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan antara lingkungan keluarga dan efikasi diri pada siswa kelas XI SMK Negeri 50 Jakarta pada niat berwirausaha. Dari hasil analisis data yang telah dilakukan bahwa semakin tinggi frekuensi suatu variabel maka akan meningkatkan niat berwirausaha siswa. Dari hasil itulah dinyatakan bahwa terdapat beberapa hipotesis yang diterima dan ditolak, sehingga ada faktor yang mempengaruhi niat berwirausaha siswa SMK N 50 Jakarta. Penelitian ini memiliki implikasi teoritis, dan implikasi teknis. Implikasi teoritis diharapkan dapat memberikan pengetahuan mengenai kewirausahaan terutama faktor dari niat berwirausaha, mengingat bahwa membangun niat berwirausaha seseorang itu tidak mudah dan akan berpengaruh pada pilihan karir mereka di masa depan. Implikasi praktis, penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi peneliti selanjutnya dan dapat memberikan gambaran mengenai faktor-faktor mempengaruhi niat berwirausaha: pendidikan kewirausahaan, lingkungan keluarga, dan efikasi diri dan secara khusus dapat bermanfaat kepada siswa yang ingin menumbuhkan niat berwirausaha dan menjadi bahan evaluasi dalam terjun ke dunia bisnis. Kata kunci: efikasi diri, lingkungan keluarga, niat berwirausaha, dan pendidikan kewirausahaan

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Prof. Dr. Corry Yohana, MM Pembimbing 2 : Nadya Fadillah F, S.Pd., M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Bisnis (Business)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Bisnis
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 03 Apr 2023 04:24
Last Modified: 03 Apr 2023 04:24
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11170

Actions (login required)

View Item View Item