PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PESERTA PMW UNJ

RAHMAH, FILLAH LAILI (2023) PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PESERTA PMW UNJ. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
Cover.pdf

Download (909kB)
[img] Text
Table Of Content.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (546kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (163kB)
[img] Text
Bibliography.pdf

Download (184kB)

Abstract

Fillah Laili Rahmah, 8105163732. Pengaruh Literasi Ekonomi dan Literasi Digital Terhadap Intensi Berwirausaha pada Peserta PMW UNJ PMW mendorong para mahasiswa untuk menumbuhkan niat berwirausaha. Mahasiswa yang sebelumnya takut untuk memulai bisnis sendiri, akan mulai tergerak mengikuti PMW. Era teknologi yang bekembang sedemikian pesatnya saat ini tentu menjadi nilai tambah dalam mempermudah mahasiswa berwirausaha. Dari hal tersebut yang menjadi masalah penelitian ini “apakah terdapat pengaruh literasi ekonomi dan literasi digital terhadap intensi berwirausaha pada mahasiswa peserta PMW UNJ” penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis literasi ekonomi dan literasi digital terhadap intensi berwirausaha. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa peserta PMW UNJ. Teknik pengambilan sampel sampling “Simple Random Sampling” dengan menggunakan tabel Isaac dan Michael dengan tingkat kesalahan sebesar 5% diketahui bahwa jika jumlah populasi 285 maka jumlah sampel 164. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan pengolahan analisis data dengan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa (1) adanya pengaruh positif dan signifikan literasi ekonomi terhadap intensi berwirausaha, (2) adanya pengaruh positif dan siginifikan literasi digital terhadap intensi berwirausaha, dan (3) adanya pengaruh positif dan signifikan dari literasi ekonomi dan literasi digital terhadap intensi berwirausaha pada mahasiswa peserta PMW UNJ. Dilihat pada R-Square yaitu sebesar 0,109 atau 10,9% artinya bahwa variabel literasi ekonomi dan literasi digital mampu memberikan penjelasan (memiliki pengaruh) pada variabel intensi berwirausaha sebesar 10,9%. Kata Kunci: Literasi ekonomi, literasi digital, intensi berwirausaha

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Agus Wibowo, S.Pd.I., S.Pd., Pembimbing 2 : Dr. Suparno, S.Pd, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 14 Dec 2023 03:24
Last Modified: 14 Dec 2023 03:24
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11390

Actions (login required)

View Item View Item