PENGARUH PERUNTUKKAN DANA BOS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (STUDI KASUS: SMA JAKARTA TIMUR)

SALMA, HAFIDZOH (2023) PENGARUH PERUNTUKKAN DANA BOS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (STUDI KASUS: SMA JAKARTA TIMUR). S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. TABLE OF CONTENT.pdf

Download (246kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (248kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf

Download (485kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)
[img] Text
7. BAB V.pdf

Download (274kB)
[img] Text
8. BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (301kB)

Abstract

HAFIDZOH SALMA. Pengaruh peruntukkan dana BOS dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa (studi kasus: SMA Jakarta Timur). Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta . 2023 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat adanya pengaruh antara peruntukkan dana BOS dengan prestasi, juga motivasi belajar terhadap prestasi, motivasi belajar terhadap prestasi belajar bagi siswa penerima KIP, peruntukkan dan BOS dan motivasi terhadap prestasi, juga peruntukkan dana BOS dan motivasi belajar yang saling terkait. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah adalah penelitian yang menggunakan asumsi-asumsi pendekatan positivis. Objek dari penelitian ini yaitu Siswa SMA di Jakarta Timur. Adapun faktor-faktor yang akan diteliti adalah peruntukkan dana BOS, motivasi belajar, penerima KIP terhadap prestasi belajar siswa. Hasil penelitian yang telah didapatkan nilai signifikasi peruntukkan dana BOS (X1) terhadap prestasi belajar (Y) yaitu sebesar 0,025 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara peruntukkan dana BOS (X1) terhadap prestasi belajar (Y). nilai signifikasi motivasi belajar (X2) terhadap prestasi belajar (Y) yaitu sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar (X2) terhadap prestasi belajar (Y). Hasil menunjukkan bahwa secara tidak langsung motivasi belajar (X2) melalui prestasi belajar (Y) mempunyai pengaruh signifikan terhadap penerima KIP (Z). juga Berdasarkan hasil uji F atau uji simultan menujukan nilai signifikan yaitu 0,000 dimana nilai tersebut bernilai < 0,05. Sehingga dapat disimpulan bahwa untuk variabel peruntukkan dana BOS (X1) dan motivasi belajar (X2) berpengaruh secara simultan terhadap prestasi belajar siswa (Y). Kata kunci: Motivasi, prestasi, bantuan, pendidikan, studi kasus, siswa SMA

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Siti Nurjanah, SE, M.Si. Pembimbing 2 : Aditya Pratama, S.Pd., M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 14 Dec 2023 04:10
Last Modified: 14 Dec 2023 04:10
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11394

Actions (login required)

View Item View Item