EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DAN MEDIA ONLINE TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR YANG DIMEDIASI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI DI JAKARTA SELATAN

YOGI, NAMIRA DWI MARTINA (2023) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DAN MEDIA ONLINE TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR YANG DIMEDIASI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI DI JAKARTA SELATAN. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
1. Pdf Cover.pdf

Download (599kB)
[img] Text
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (288kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf

Download (463kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (723kB)
[img] Text
7. BAB V.pdf

Download (238kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (283kB)

Abstract

NAMIRA DWI MARTINA YOGI. 1701618036. Efektivitas Pembelajaran Daring Dan Media Online Terhadap Kemandirian Belajar Yang Dimediasi Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri di Jakarta Selatan. Skripsi. Jakarta. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pembelajaran Daring Dan Media Online Terhadap Kemandirian Belajar Yang Dimediasi Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri di Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama 3 (tiga) bulan dimulai dari bulan Desember 2022 hingga Februari 2023. Metode penelitian secara kuantitatif deskriptif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 181 responden siswa kelas XI SMA Negeri di Jakarta Selatan. Data pada variabel Efektivitas Pembelajaran Daring (X1), Media Online (X2), Motivasi Belajar (Z) dan Kemandirian Belajar (Y) merupakan data primer dengan menggunakan skala likert. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik acak proposional. Teknik analisis data menggunakan software SmartPLS versi 3.0 PLS (Partial Least Square) dengan analisis (SEM). Teknik analisis data yang digunakan pertama yaitu pengukuran outer model yang terdiri dari convergent validity dengan hasil outer loading factor >0.7. Nilai composite reability >0.6. Nilai AVE >0.5. Kedua pengukuran inner model dengan path coefficients yang terdiri dari R2 untuk Efektivitas Pembelajaran Daring (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kemandirian Belajar(Y) sebesar 0,118 dan t-statistik sebesar 1,697>1,69 dengan p-value 0,045<0,05.Efektivitas Pembelajaran Daring(X1) secara positif berpengaruh terhadap Motivasi Belajar(Z) sebesar 0,352 dan t-statistik sebesar 3,766>1,69 dengan p-value 0,000<0,05. Media Online (X2) secara positif berpengaruh terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring(X1) sebesar 0,483 dan tstatistik sebesar 7,064.>1,69 dan p-value 0,000 <0,05. Media Online (X2) secara positif berpengaruh terhadap Kemandirian Belajar(Y) sebesar 0,294 dan t-statistik sebesar 4,657 >1,69 dan p-value 0,000 <0,05. Media Online (X2) secara positif berpengaruh terhadap Motivasi Belajar (Z) sebesar 0,389 dan t-statistik sebesar 4,276 >1,69 dan p-value 0,000 <0,05. Motivasi Belajar (Z) secara positif berpengaruh terhadap Kemandirian Belajar (Y) sebesar 0,558 dan t-statistik sebesar 8,598 >1,69 dan p-value 0,000<0,05. Efektivitas Pembelajaran Daring (X1) secara tidak langsung melalui variabel Motivasi Belajar (Z) sebagai variabel intervening berpengaruh signifikan terhadap Kemandirian Belajar (Y) dengan nilai t-statistik sebesar 3,743>1,69 dan P-value sebesar 0,000<0,05. Media Online (X2) secara tidak langsung melalui variabel Motivasi Belajar(Z) sebagai variabel intervening berpengaruh signifikan terhadap Kemandirian Belajar (Y) dengan nilai t-statistik sebesar 3,507>1,69 dan P-value 0,000<0,05. Kata kunci: efektivitas pembelajaran daring, media online, motivasi belajar, kemandirian belajar

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Mardi M.Si Pembimbing 2 : Aditya Pratama S.Pd. M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:44
Last Modified: 15 Jan 2024 07:44
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11467

Actions (login required)

View Item View Item