PENGARUH FASILITAS BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR, DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN HUMAS KELAS XI OTKP DI SMKN JAKARTA BARAT

LESTARI, PONI (2023) PENGARUH FASILITAS BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR, DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN HUMAS KELAS XI OTKP DI SMKN JAKARTA BARAT. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
PDF Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PDF Table of Content.pdf

Download (83kB)
[img] Text
PDF Chapter 1.pdf

Download (568kB)
[img] Text
PDF Chapter 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[img] Text
PDF Chapter 3.pdf

Download (344kB)
[img] Text
PDF Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
[img] Text
PDF Chapter 5.pdf

Download (155kB)
[img] Text
PDF Bibliography.pdf

Download (142kB)
[img] Text
Jurnal FULL.pdf

Download (214kB)

Abstract

PONI LESTARI, Pengaruh Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar, dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Hubungan Masyarakat (HUMAS) Kelas XI OTKP Pada SMK Negeri di Jakarta Barat. Skripsi, Jakarta: Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2023. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar, motivasi belajar, dan disiplin belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran hubungan masyarakat kelas XI OTKP SMK Negeri di Jakarta Barat. Penelitian ini dilaksanakan selama lima bulan yaitu mulai dari Oktober 2022 – Februari 2023. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan penyebaran kuesioner melalui Google formulir. Populasi dalam penelitian ini adalah SMKN yang memiliki jurusan OTKP di Jakarta Barat yang sebanyak enam sekolah dan untuk sampel penelitian diambil sebanyak tiga sekolah. Populasi dari tiga sekolah adalah sebanyak 214 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 133 siswa, jumlah ini didapatkan dari perhitungan yang berdasarkan tabel Isaac dan Michael. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode area propotional random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah data sekunder menggunakan kuesioner yang berdasarkan skala likert untuk variabel independen sedangkan untuk variabel dependen menggunakan data sekunder yang didapatkan dari pihak sekolah yang dijadikan tempat penelitian berupa hasil nilai penilaian tengah semester ganjil 2021/2022. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan aplikasi perhitungan SmartPLS yang terdiri dari outer model dan inner model. Pengujian hipotesis menggunakan path alogarithm yang sudah di boostrapping dengan melihat nilai T statistik. Pada penelitian ini T tabel sebesar 1,656. Thitung pada variabel fasilitas belajar adalah 2,127 > Ttabel 1,656 maka dapat disimpulkan fasilitas belajar memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar. Thitung pada variabel motivasi belajar adalah 1,806 > Ttabel 1,656 maka dapat disimpulkan motivasi belajar memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar. Thitung pada variabel disiplin belajar adalah 2,204 > Ttabel 1,656 maka dapat disimpulkan bahwa variabel disiplin belajar memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar. Kemudian dari perhitungan F square maka dapat dikatakan bahwa masingmasing variabel memiliki rentang nilai 0,03 – 0,30 di mana ketiga variabel independen memiliki pengaruh secara simultan terhadap variabel dependen. Terakhir uji koefisien determinasi menggunakan R square mendapatkan nilai sebesar 0,109 atau 10,9%, maka dapat disimpulkan bahwa variabel independen memiliki pengaruh sebesar 10,9% terhadap hasil belajar sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, terdapat pengaruh yang positif antara variabel independen terhadap variabel dependen. Kata Kunci : Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Prof. Dr. Corry Yohana, M.M Pembimbing 2 : Maulana Amirul Adha, S.Pd., M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 03 May 2024 07:59
Last Modified: 03 May 2024 07:59
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11640

Actions (login required)

View Item View Item