PENGARUH PENGGUNAAN GADGET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA MUHAMMADIYAH 11 JAKARTA TIMUR

RAMADHINA, YUQA PUTRI (2024) PENGARUH PENGGUNAAN GADGET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA MUHAMMADIYAH 11 JAKARTA TIMUR. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
Cover_Yuqa Putri Ramadhina_1701618110.pdf

Download (930kB)
[img] Text
Tabel of content_Yuqa Putri Ramadhina_1701618110.pdf

Download (224kB)
[img] Text
Chapter 1.pdf

Download (929kB)
[img] Text
Chapter 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[img] Text
Chapter 3.pdf

Download (484kB)
[img] Text
Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[img] Text
Chapter 5.pdf

Download (198kB)
[img] Text
Bibliography.pdf

Download (292kB)
[img] Text
Jurnal_Yuqa Putri Ramadhina_1701618110.pdf

Download (984kB)

Abstract

YUQA PUTRI RAMADHINA. 1701618110. Pengaruh Penggunaan Gadget Sebagai Sumber Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Muhammadiyah 11 Jakarta Timur. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Jakarta. 2023. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget sebagai sumber belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMA Muhammadiyah 11 Jakarta Timur. Menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode survei. Jumlah sampel 104 peserta didik. Data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. data primer diperoleh dengan menggunakan kuesioner tertutup sedangkan data sekunder diperoleh dari Asesmen Sumatif Akhir Semester Genap. Analisis data yang digunakan adalah Analisis Jalur dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian hipotesis pertama penggunaan gadget sebagai sumber belajar berpengaruh langsung positif terhadap hasil belajar siswa dengan besar pengaruh 0,439. Pada hipotesis kedua minat belajar berpengaruh langsung positif terhadap hasil belajar siswa dengan besar pengaruh 0,549. Selanjutnya hipotesis ketiga diterima yang berarti penggunaan gadget sebagai sumber belajar berpengaruh langsung positif terhadap minat belajar dengan besar pengaruh 0,846. Dan hipotesis keempat diterima, artinya terdapat pengaruh tidak langsung penggunaan gadget sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa melalui minat belajar sebesar 0,464 dengan p value < 0,05 yang berarti minat belajar memiliki peran dalam memediasi penggunaan gadget sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci : gadget, hasil belajar, minat belajar, smartphone, sumber belajar

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Ibu Prof. Dr. Siti Nurjanah, S.E., M.Si., Pembimbing 2 : Bapak Aditya Pratama, S.Pd., M.Pd.,
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 20 Jun 2024 04:22
Last Modified: 20 Jun 2024 04:22
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11771

Actions (login required)

View Item View Item