Analisis Kampanye Influencer Marketing dalam Pemasaran Digital pada Platform TikTok

Rahman, Dhevyta Nabila (2024) Analisis Kampanye Influencer Marketing dalam Pemasaran Digital pada Platform TikTok. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (676kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (415kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (352kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (351kB)

Abstract

Dhevyta Nabila Rahman, 2024: Analisis Kampanye Influencer Marketing dalam Pemasaran Digital pada Platform TikTok. Skripsi, Jakarta: Program Studi Sarjana Terapan Pemasaran Digital, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan kampanye pada merek “Kata Oma” yang dilakukan oleh Dina Amrianti melalui platform TikTok. Penelitian ini menggunakan model TEARS (Trustworthiness, Expertise, Attractiveness, Respect, and Similarity) yang dikemukakan oleh Shimp pada tahun 2014, yaitu kerangka kerja yang digunakan untuk memahami faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan strategi pemasaran influencer. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Jumlah informan yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak tiga belas orang, terdiri dari dua orang dari brand “Kata Oma” dan sebelas orang followers dari akun @lordjajanofficial. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam terhadap informan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menemukan bahwa kampanye influencer marketing pada merek “Kata Oma” yang dilakukan oleh Dina Amrianti melalui platform TikTok sudah berhasil dengan menggunakan model TEARS. Data wawancara dari ketigabelas informan kunci menunjukkan bahwa pengikut Dina Amrianti menganggap bahwa kepercayaan dan kejujuran dalam ulasannya tentang “Kata Oma” varian sambal balado adalah kunci dalam efektivitas kampanye influencer marketing. Dina berhasil memanfaatkan pengetahuan dan keahliannya dengan gaya ceria yang menarik minat audiens untuk mecoba produk “Kata Oma,” meskipun ada harapan untuk detail yang lebih mendalam dari audiens. Kata Kunci: Pemasaran Influencer, Kampanye Digital, Kampanye Influencer, TikTok, TEARS

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1: Agung Kresnamurti Rivai P, ST.,M.M Pembimbing 2: Meta Bara Berutu, S.E., M.M
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Divisions: Fakultas Ekonomi > D4 Pemasaran Digital
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 26 Sep 2024 05:39
Last Modified: 26 Sep 2024 05:39
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11936

Actions (login required)

View Item View Item