ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI INTENTION TO USE PADA PENGGUNA APLIKASI TRANSPORTASI OJEK ONLINE

Septamasurya, Rafli (2025) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI INTENTION TO USE PADA PENGGUNA APLIKASI TRANSPORTASI OJEK ONLINE. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (12MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[img] Text
PDF TERBIT JURNAL RAFLI.pdf

Download (621kB)

Abstract

Rafli Septamasurya, 2024; ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI INTENTION TO USE PADA PENGGUNA APLIKASI TRANSPORTASI OJEK ONLINE, Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Jakarta, Tim Pembimbing: Dr. Osly Usman, M.Bus & Ika Febrilia, SE, M.M Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi intention to use pada pengguna aplikasi transportasi online Maxim, dengan fokus pada perceived ease of use, perceived usefulness, dan perceived enjoyment. Maxim, yang pertama kali beroperasi di Indonesia pada tahun 2018 dengan tujuan untuk menyediakan layanan transportasi yang efisien dan terjangkau, telah berkembang pesat sejak saat itu. Untuk menganalisis faktor-faktor tersebut, penelitian ini menyebarkan kuesioner kepada 209 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Objek penelitian ini adalah responden berusia di atas 17 tahun yang tinggal di DKI Jakarta dan pernah menggunakan aplikasi Maxim. Penelitian ini menggunakan perangkat lunak SPSS versi 27 dan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software AMOS untuk menganalisis dan mengolah data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived ease of use berpengaruh positif dan signifikan terhadap perceived usefulness dan perceived enjoyment, yang berarti kemudahan penggunaan aplikasi dapat meningkatkan manfaat yang dirasakan serta kepuasan pengguna. Namun, perceived ease of use dan perceived usefulness tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap intention to use, karena pengguna lebih memperhatikan faktor lain seperti harga layanan yang terjangkau, kecepatan, dan kualitas layanan. Sebaliknya, perceived enjoyment memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap intention to use, menunjukkan bahwa pengalaman menyenangkan saat menggunakan aplikasi berkontribusi besar terhadap keputusan pengguna untuk terus menggunakan layanan Maxim. Penelitian ini menekankan pentingnya desain aplikasi yang intuitif dan pengalaman pengguna yang menyenangkan untuk meningkatkan daya saing Maxim di industri transportasi online. Temuan ini dapat menjadi dasar bagi pengembangan strategi perbaikan dan inovasi layanan Maxim di masa depan. Kata Kunci : Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Perceived Enjoyment, Intention to Use,Transportasi Online

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Osly Usman, M.Bus., Pembimbing 2 : Ika Febrilia, SE, M.M.,
Subjects: Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Manajemen
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 02 Jun 2025 02:30
Last Modified: 02 Jun 2025 02:30
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12584

Actions (login required)

View Item View Item