PENGARUH PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI MOTIVASI BELAJAR

’AISY, FADHLIKA NUR ROHADATUL (2023) PENGARUH PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI MOTIVASI BELAJAR. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (949kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (826kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (236kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB)
[img] Text
Jurnal Full.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fadhlika Nur Rohadatul ‘Aisy, 8105162804. Pengaruh Pemanfaatan Fasilitas Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Motivasi Belajar. Univeritas Negeri Jakarta Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi melalui motivasi belajar. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMA Negeri di Kota Bekasi dengan menggunakan metode survey dan instrumen penelitian berupa kuisioner. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dengan menggunakan analisis jalur (path analys). Populasi terjangkau dalam penelitian ini berjumlah 361 siswa dengan sampel yang digunakan berjumlah 190 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Pemanfaatan Fasilitas Belajar berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa. (2) Lingkungan Teman Sebaya berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa. (3) Motivasi Belajar berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa. (4) Pemanfaatan Fasilitas Belajar berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar. (5) Lingkungan Teman Sebaya berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar. (6) Pemanfataan Fasilitas Belajar berpengaruh tidak langsung positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa melalui Motivasi Belajar. (7) Lingkungan Teman Sebaya berpengaruh tidak langsung positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa melalui Motivasi Belajar. Kata Kunci : fasilitas belajar, lingkungan teman sebaya, motivasi belajar, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Prof. Dr. Ari Saptono, S.E., M.Pd Pembimbing 2 : Dr. Agus Wibowo, S.Pd.I., S.Pd., M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 17 Oct 2023 05:56
Last Modified: 17 Oct 2023 05:56
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11320

Actions (login required)

View Item View Item