PENGARUH PENGALAMAN PRAKTIK KETERAMPILAN MENGAJAR (PKM) DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENJADI GURU YANG DIMEDIASI OLEH EFIKASI DIRI PADA MAHASISWA KEPENDIDIKAN FE UNJ

Wulandari, Arista (2023) PENGARUH PENGALAMAN PRAKTIK KETERAMPILAN MENGAJAR (PKM) DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENJADI GURU YANG DIMEDIASI OLEH EFIKASI DIRI PADA MAHASISWA KEPENDIDIKAN FE UNJ. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (581kB)
[img] Text
2. Table_Of_Content.pdf

Download (270kB)
[img] Text
3. Bab 1.pdf

Download (234kB)
[img] Text
4. Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
[img] Text
5. Bab 3.pdf

Download (578kB)
[img] Text
6. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (850kB)
[img] Text
7. Bab 5.pdf

Download (207kB)
[img] Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (354kB)

Abstract

ARISTA WULANDARI. Pengaruh Pengalaman Praktik Keterampilan Mengajar (PKM) dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat menjadi Guru yang Dimediasi oleh Efikasi Diri pada Mahasiswa Kependidikan FE UNJ. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengalaman praktik keterampilan mengajar dan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru melalui mediasi efikasi diri pada mahasiswa kependidikan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2019. Jenis pada penelitian ini yaitu penelitian survei eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui instrumen penelitian dengan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa kependidikan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta dengan jumlah sampel sebanyak 162 mahasiswa yang diperoleh dengan rumus Slovin serta teknik sampel yang digunakan adalah proportional random sampling. Metode analisis yaitu analisis jalur dengan aplikasi SPSS 25. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pengalaman PKM berpengaruh positif terhadap minat menjadi guru, lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap minat menjadi guru, pengalaman PKM berpengaruh positif terhadap efikasi diri, lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap efikasi diri, efikasi diri berpengaruh positif terhadap minat menjadi guru, efikasi diri dapat memediasi pengalaman PKM terhadap minat menjadi guru, dan efikasi diri tidak dapat memediasi pengalaman PKM terhadap minat menjadi guru. Kata kunci: pengalaman praktik keterampilan mengajar, lingkungan keluarga, efikasi diri, minat menjadi guru

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Mardi, M.Si. Pembimbing 2 : Dwi Handarini, S.Pd., M. Ak
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 03 Jan 2024 03:41
Last Modified: 03 Jan 2024 03:41
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11426

Actions (login required)

View Item View Item