PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA JURUSAN OTKP DI SMK NEGERI 13 JAKARTA

Putri, Harifnie Ghalistasya (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA JURUSAN OTKP DI SMK NEGERI 13 JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
Harifnie Ghalistasya Putri_1709619019_PAP B 2019_Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Harifnie Ghalistasya Putri_1709619019_PAP B 2019_Daftar Isi.pdf

Download (519kB)
[img] Text
Harifnie Ghalistasya Putri_1709619019_PAP B 2019_BAB 1.pdf

Download (495kB)
[img] Text
Harifnie Ghalistasya Putri_1709619019_PAP B 2019_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Harifnie Ghalistasya Putri_1709619019_PAP B 2019_Bab 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Harifnie Ghalistasya Putri_1709619019_PAP B 2019_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Harifnie Ghalistasya Putri_1709619019_PAP B 2019_Daftar Pustaka.pdf

Download (615kB)
[img] Text
Harifnie Ghalistasya Putri_1709619019_PAP B 2019_JOURNAL.pdf

Download (292kB)

Abstract

Dalam penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa di SMK Negeri 13 Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa bagaimana pengaruh media pembelajaran dan motivasi belajar siswa Pada jurusan Ototomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) di SMK Negeri 13 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 13 Jakarta yang beralamat di Jl. Rawa Belong II-E RT 07/RW 10, Palmerah, Kec Palmerah, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus IbuKOTA Jakarta 11480 dengan mengambil sampel sebanyak 108 siswa dari jurusan OTKP, pengambilan sampel dilakukan dengan seluruh siswa jurusan OTKP dan instrumen yang digunakan dalam pengambilan data media pembelajaran berupa kuesioner dan dokumentasi. Validitas tes diuji dengan hasil yang menunjukan 17 pernyataan yang dinyatakan valid. Reliabilitas test diuje dengan menggunakan rumus alpha cronbach dengan hasil untuk reliabilitas media pemebelajaran dimana cronbach’s alpha > 0.6 yaitu 0.795 > 0.6 dan untuk reliabilitas motivasi belajar dimana cronbach’s alpha > 0.6 yaitu sebesar 0.754 > 0.6. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan uji T pada taraf signifikan alpha sebesar 5%. Hasil yang diperoleh menunjukan meida pembelajaran berpengaruh secara positif serta signifikan dimana thitung > ttabel yaitu dengan nilai 3.274 > 1.982. Dan motivasi belajar berpengaruhs ecar apositif dan signfiikan dimaan thitung > ttabel yaitu 2.117 > 1.987. Hasil menunjukan pada uji F menunjukan bahwa variabel media pembelajaran (X1) dan Motivasi belajar (X2)ii berpengaruh positif dan signifikan terhdap prestasi belajar siswa jurusan OTKP di SMK Negeri 13 Jakarta dengan nilai 10,7%. Dengan hasil perhitungan yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapt pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada jurusan OTKP di SMK Negeri 13 Jakarta

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Agus Wibowo, S.Pd.I., S.Pd., M.Pd Pembimbing 2 : Roni Faslah, S.Pd, M.M
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 13 Mar 2024 02:42
Last Modified: 13 Mar 2024 02:42
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11570

Actions (login required)

View Item View Item