ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT WAJIB PAJAK DALAM MENGGUNAKAN SISTEM E-FILLING

AKBARI, MOCHAMMAD ICHLASUL (2023) ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT WAJIB PAJAK DALAM MENGGUNAKAN SISTEM E-FILLING. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
Cover Skripsi.pdf

Download (393kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (816kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (136kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (263kB)

Abstract

Mochammad Ichlasul Akbari, Analisis Faktor-Faktor Wajib Pajak Dalam Menggunakan Sistem E-filling. E-filling merupakan salah satu bentuk sarana modernsasi perpajakan sebagai sarana pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) secara digital atau online melalui internet pada situs DJP online. Penerapan E-filling bertujuan untuk mempermudah pada wajib pajak dalam melaporkan wajib pajaknya, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan waib pajak yang berdampak untuk peningkatan penerimaan kas negara. Namun peningkatan pajak belum diikuti dengan peningkatan jumlah pengguna Efilling dimana masih adanya wajib pajak yang melaporkan SPTnya secara manual. Hal tersebut dibuktikan dengan angka berupa 58% dari jumlah wajib pajak terdaftar yang menggunakan sistem E-filling pada tahun 2018. Salah satu faktor penyebab kurangnya penerapan sistem E-filling secara optimal diakibatkan oleh kurangnya minat perilaku individu dalam menggunakan sistem E-filling. Tujuan pada penelitian ini untuk menguji pengaruh harapan kinerja, harapan usaha, pengaruh social, dan kondisi pemfasilitasi terhadap minat menggunakan sistem Efilling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan data yang dikumpulkan dengan menggunakan sistem suvery (kuesioner). Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Convinience Sampling. Convinience Sampling adalah kumpulan informasiinformasi dari anggota-anggota populasi yang dengan setuju mau memberikan informasi tersebut. Sample penelitian ini menggunakan 100 wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Koja Jakarta Utara. Hasil penelitian menunjukan pengaruh signifikan terhadap variabel Harapan Kinerja, Harapan Usaha, Pengaruh Sosial dan Kondisi Pemfasilitasi terhadap Minat Menggunakan sistem Efilling. Kata Kunci : Harapan Kinerja, Harapan Usaha, Pengaruh Sosial, Kondisi Pemfasilitasi , Minat Menggunakan sistem E-filling.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Nuramalia Hasanah, S.E., M.Ak Pembimbing 2 : Marsellisa Nindito, SE., M.Sc, Ak., CA,
Subjects: Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Akuntansi (Accounting)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Akuntansi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 27 May 2024 03:38
Last Modified: 27 May 2024 03:38
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11684

Actions (login required)

View Item View Item