Pengaruh Financial Technology dan Digital Marketing terhadap Pengembangan UMKM dengan Variabel Mediasi Business Creativity (Studi Sektor Ekonomi Kreatif di DKI Jakarta)

AULIA, MAHDA RIDA (2024) Pengaruh Financial Technology dan Digital Marketing terhadap Pengembangan UMKM dengan Variabel Mediasi Business Creativity (Studi Sektor Ekonomi Kreatif di DKI Jakarta). S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (730kB)
[img] Text
2. Table of Content.pdf

Download (279kB)
[img] Text
3. BAB 1.pdf

Download (570kB)
[img] Text
4. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)
[img] Text
5. BAB 3.pdf

Download (412kB)
[img] Text
6. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (727kB)
[img] Text
7. BAB 5.pdf

Download (249kB)
[img] Text
8. Bibliography.pdf

Download (400kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh financial technology, digital marketing, dan business creativity dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pada sektor ekonomi kreatif di wilayah DKI Jakarta. Metode yang diterapkan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling untuk mendapatkan responden yang sesuai dengan kriteria dalam penelitian. Total responden dalam penelitian ini berjumlah 380 responden yang merupakan para pelaku UMKM di wilayah DKI Jakarta dan sudah memiliki usaha minimal satu tahun. Pengumpulan data menggunakan media kuesioner elektronik dengan enam alternatif jawaban pada skala likert. Software Statistic Program of Social Science (SPSS) versi 23 dan Analysis of Moment Structure (AMOS) versi 24 digunakan sebagai alat bantu statistik dalam mengolah data dalam penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa financial technology memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pengembangan UMKM, digital marketing memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pengembangan UMKM, dan business creativity memiliki pengaruh yang positif tetapi tidak signifikan terhadap pengembangan UMKM. Kata Kunci: Financial Technology, Digital Marketing, Business Creativity, Pengembangan UMKM

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Suparno, S.Pd., M.Pd Pembimbing 2 : Annisa Lutfia, S.Pd., M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Bisnis (Business)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Bisnis
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 07 Jun 2024 02:56
Last Modified: 07 Jun 2024 02:56
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11718

Actions (login required)

View Item View Item