PENGARUH PENGALAMAN BELAJAR EKONOMI DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP KETERAMPILAN MENGAJAR ABAD 21

MAYASARI, RANI NUR (2024) PENGARUH PENGALAMAN BELAJAR EKONOMI DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP KETERAMPILAN MENGAJAR ABAD 21. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (428kB)
[img] Text
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (133kB)
[img] Text
3. BAB 1.pdf

Download (300kB)
[img] Text
4. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] Text
5. BAB 3.pdf

Download (338kB)
[img] Text
6. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)
[img] Text
7. BAB 5.pdf

Download (78kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB)
[img] Text
10. Jurnal Full.pdf

Download (227kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak pengalaman belajar ekonomi dan literasi digital terhadap perkembangan keterampilan mengajar abad ke-21. Data primer diperoleh dari 161 sampel mahasiswa jurusan pendidikan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta yang telah mengikuti praktik keterampilan mengajar (PKM). Metode analisis SEM-PLS digunakan untuk menganalisis keterkaitan antar variabel. Hasil penelitian menegaskan peran signifikan pendidikan literasi digital dalam mempengaruhi perkembangan keterampilan mengajar abad ke-21, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui pengalaman belajar ekonomi. Namun, penelitian ini terbatas pada satu universitas dan variabel terbatas, yakni pengalaman belajar ekonomi, literasi digital, dan keterampilan mengajar abad ke-21. Meskipun keterbatasan tersebut, penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi pengembangan keterampilan mengajar abad ke-21. Meningkatkan pengalaman belajar ekonomi dan literasi digital bagi mahasiswa pendidikan yang menjalani Praktik Keterampilan Mengajar (PKM) di Universitas Negeri Jakarta dianggap langkah strategis untuk mempersiapkan calon pendidik menghadapi tuntutan era modern. Implikasi dari penelitian ini dapat menjadi dasar bagi perguruan tinggi dan lembaga pendidikan lainnya untuk merancang program pembelajaran yang lebih efektif dan relevan dalam mengembangkan keterampilan mengajar abad ke-21. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pemahaman dan pemikiran terkait pembentukan tenaga pendidik yang adaptif dan kompeten dalam menghadapi dinamika pendidikan masa kini. Kata kunci: pengalaman belajar ekonomi, literasi digital, dan keterampilan mengajar abad 21

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Bapak Dr. Suparno, S.Pd., M.Pd Pembimbing 2 : Bapak Aditya Pratama, S.Pd., M.Pd ,
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 14 Jun 2024 05:49
Last Modified: 14 Jun 2024 05:49
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11756

Actions (login required)

View Item View Item