PENGARUH PENGGUNAAN E-COMMERCE TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (Studi Kasus Pada UMKM Sektor Kuliner Di Kabupaten Bogor)

AZZAHRA, FATIMAH (2024) PENGARUH PENGGUNAAN E-COMMERCE TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (Studi Kasus Pada UMKM Sektor Kuliner Di Kabupaten Bogor). S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
Pdf Cover.pdf

Download (424kB)
[img] Text
Pdf Table_Of_Content.pdf

Download (274kB)
[img] Text
Pdf Chapter 1.pdf

Download (141kB)
[img] Text
Pdf Chapter 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
Pdf Chapter 3.pdf

Download (358kB)
[img] Text
Pdf Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] Text
Pdf Chapter 5.pdf

Download (124kB)
[img] Text
Pdf Bibliografhy.pdf

Download (156kB)
[img] Text
Jurnal Full.pdf

Download (324kB)

Abstract

FATIMAH AZZAHRA, 1701618037. Pengaruh Penggunaan E-commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi Kasus Pelaku UMKM Sektor Kuliner di Kabupaten Bogor). Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. 2024. Pengguna internet di Kabupaten Bogor kian bertambah seiring majunya pembangunan infrastruktur yang merata. Hal ini mulai berpengaruh terhadap kebiasaan transaksi antara pedagang dan pembeli. Para pembeli yang mulai beralih bertransaksi secara daring, membuat para pelaku UMKM berusaha mengimbangi inovasi baru dalam bertransaksi melalui platform E-commerce, agar pendapatan yang mereka peroleh tidak bermasalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengertahui seberapa besar pengaruh dari Penggunaan E-commerce terhadap Peningkatan Pendapatan yang diperoleh oleh para pelaku UMKM Sektor kuliner di Kabupaten Bogor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan analisis kualitatif. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan E-commerce akan dapat meningkatkan pendapatan UMKM, produk yang dipasarkan akan lebih mudah dikenal oleh konsumen sehingga memudahkan dalam mendapatkan pelanggan. Selain itu, pemanfaatan E-commerce dapat menghemat biaya promosi dan meningkatkan kecepatan bertransaksi serta pendapatan. Hal ini pada akhirnya akan dapat meningkatkan daya saing bagi UMKM di wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kata Kunci: Transaksi, E-commerce, UMKM , Pendapatan

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Karuniana Dianta Arfiando Sebayang,S.IP,ME Pembimbing 2 : Dicky Irianto, SE., M.SE.,
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 03 Oct 2024 03:59
Last Modified: 03 Oct 2024 03:59
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11999

Actions (login required)

View Item View Item