Syairul Alim, Dani (2024) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMBENTUK NIAT BELI ULANG KONSUMEN PADA MARKETPLACE. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.
Text
COVER.pdf Download (99kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (449kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (888kB) |
|
Text
Jurnal_Dani Syairul Alim.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Dani Syairul Alim, 2024; Analisis Faktor-Faktor Yang Membentuk Niat Beli Ulang Konsumen Pada Marketplace. Skripsi, Jakarta: Program Studi D4 Pemasaran Digital, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang membentuk niat beli ulang konsumen pada marketplace Shopee dengan menggunakan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Dalam model ini, tiga dimensi utama yang dianalisis adalah Perceived Usefulness (PU), Perceived Ease of Use (PEOU) dan kepercayaan (trust). Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 130 responden yang merupakan pengguna aktif aplikasi Shopee di Kota Bekasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden adalah perempuan berusia 17-20 tahun yang sebagian besar berstatus sebagai pelajar atau mahasiswa. Berdasarkan analisis faktor eksploratori (Exploratory Factor Analysis), penelitian ini berhasil mengidentifikasi tiga faktor utama yang berkontribusi terhadap niat beli ulang konsumen, yaitu kemudahan penggunaan aplikasi, manfaat yang diperoleh dari aplikasi, dan tingkat kepercayaan konsumen terhadap Shopee. Dari ketiga faktor tersebut, kemudahan penggunaan aplikasi dan manfaat yang diperoleh terbukti menjadi faktor yang paling berpengaruh dalam meningkatkan niat beli ulang konsumen. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis dengan mengkonfirmasi relevansi model TAM dalam konteks pembelian online di Indonesia, serta memberikan wawasan praktis bagi Shopee dalam mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif dengan fokus pada peningkatan kemudahan penggunaan dan manfaat aplikasi. Selain itu, peningkatan pada aspek kepercayaan konsumen juga diidentifikasi sebagai area yang perlu mendapatkan perhatian lebih untuk mempertahankan loyalitas pengguna. Kata kunci: Niat Beli Ulang, Marketplace, Shopee, Technology Acceptance Model (TAM), Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use dan kepercayaan (trust)
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Prof. Dr. Mohamad Rizan, SE, MM Pembimbing 2 : Dr. Terrylina Arvinta Monoarfa, SE., MM |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Manajemen Umum (General Management) > Analisis Data Manajemen (Data Processing and Analysis of Management) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > D4 Pemasaran Digital |
Depositing User: | Pusat Belajar Ekonomi |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 03:45 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 03:45 |
URI: | http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12128 |
Actions (login required)
View Item |