PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI SMA BUDHI WARMAN II JAKARTA

CHAIRANI, FANI (2024) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI SMA BUDHI WARMAN II JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
1. Cover_Fani Chairani_1709617037.pdf

Download (449kB)
[img] Text
2. Table_of_Contents_Fani Chairani_1709617037.pdf

Download (559kB)
[img] Text
3. Chapter 1_Fani Chairani_1709617037.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. Chapter 2_Fani Chairani_1709617037.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
5. Chapter 3_Fani Chairani_1709617037.pdf

Download (650kB)
[img] Text
6. Chapter 4_Fani Chairani_1709617037.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
7. Chapter 5_Fani Chairani_1709617037.pdf

Download (282kB)
[img] Text
8. Bibilography_Fani Chairani_1709617037.pdf

Download (999kB)
[img] Text
10. Jurnal Full_Fani Chairani_1709617037.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Fani Chairani. 1709617037. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar di SMA Budhi Warman II Jakarta. Skripsi. Jakarta: Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2024. Pendidikan sangat penting bagi kehidupan setiap manusia, karena pendidikan dapat memberikan pengetahuan mengenai segala sesuatu yang ingin diketahui dan menyampaikan pandangan akan kehidupan. Dalam proses pendidikan di sekolah, belajar adalah cara seseorang untuk merubah perilaku, mengembangkan daya pikir dan pemahaman, serta meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan lain yang dibutuhkan. Penelitian ini berawal dari munculnya isu tingkat kecerdasan emosional yang rendah dan kebiasaan belajar siswa yang kurang baik. Maka dari itu, penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar. Penelitian ini dilakukan pada populasi siswa-siswi di SMA Budhi Warman II Jakarta angkatan 2023/2024 dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan 180 sampel penelitian. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2023 s.d. Juni 2024. Metode penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan metode survei melalui kuesioner dengan aplikasi Google Form. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kecerdasan emosional dan kebiasaan belajar signifikan mempengaruhi prestasi belajar dengan nilai F hitung sebesar 54,780 > 3,05 dengan tingkat signifikansi 0,00 < 0,05 dan R2 (R Square) sebesar 0,375. Pada variabel kecerdasan emosional (X1) terhadap prestasi belajar (Y), hasil t hitung adalah 4,258 > t tabel 1,97346 dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05. Pada variabel kebiasaan belajar (X2) terhadap prestasi belajar (Y), hasil t hitung adalah 8,102 > t tabel 1,97346 dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05. Artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel Kecerdasan Emosional dan Kebiasaan Belajar terhadap variabel Prestasi Belajar. Jika semakin tinggi kecerdasan emosional dan kebiasaan belajar, maka dampaknya terhadap prestasi belajar pun akan meningkat. Kata kunci: kecerdasan emosional, kebiasaan belajar, prestasi belajar, pendidikan, siswa

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Roni Faslah, S.Pd, MM Pembimbing 2 : Prof. Dr. Puji Wahono, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 12 Nov 2024 07:54
Last Modified: 12 Nov 2024 07:54
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12265

Actions (login required)

View Item View Item