PENGARUH LITERASI DIGITAL, MEDIA PEMBELAJARAN, DAN PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA SEMESTER 113 (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2018-2020)

RAMADANI, NOVIA PUTRI (2022) PENGARUH LITERASI DIGITAL, MEDIA PEMBELAJARAN, DAN PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA SEMESTER 113 (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2018-2020). S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
Cover-Kata Pengantar (20).pdf

Download (965kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Table Of Content (85).pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (68).pdf

Download (349kB) | Preview
[img] Text
BAB II (71).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (828kB)
[img]
Preview
Text
BAB III (68).pdf

Download (780kB) | Preview
[img] Text
BAB IV (70).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)
[img]
Preview
Text
BAB V (39).pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA (90).pdf

Download (534kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat literasi digital mahasiswa, efektivitas dan kualitas penggunaan media pembelajaran, serta efektivitas pembelajaran online yang dilakukan dalam masa pandemi Covid-19 baik secara parsial maupun simultan terhadap hasil belajar kognitif berupa indeks prestasi semester 113 mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta pada Semester 113. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomoi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta angkatan 2018-2020. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan rumus Slovin dengan jumlah responden didapat sebanyak 196 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Literasi Digital tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Hasil Belajar Mahasiswa hal ini didapat dari nilai thitung variabel Literasi Digital sebesar 0,284 dengan nilai signifikansi > 0,05 yang berarti H0 diterima dan Ha ditolak. (2). Terdapat pengaruh positif antara Media Pembelajaran dengan Hasil Belajar dilihat dari nilai thitung dari media pembelajaran yaitu 2,209 dengan nilai signifikansi < 0,05 yang berarti H0 ditolak. (3). Terdapat pengaruh negatif antara Pembelajaran Online dengan Hasil Belajar dilihat dari nilai thitung dari media pembelajaran yaitu 2,209 dengan nilai signifikansi < 0,05 yang berarti H0 ditolak. Kata Kunci : tingkat literasi digital mahasiswa, efektivitas, kualitas, media, hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Prof. Dr. Rd. Tuty Sariwulan, M.Si, Pembimbing 2 : Herlitah, M.Ec., Dev,
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Budi Siswanto
Date Deposited: 24 Jan 2022 04:12
Last Modified: 24 Jan 2022 04:12
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/10177

Actions (login required)

View Item View Item