PENGARUH EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE EFIKASI DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMA NEGERI 38 JAKARTA DI ERA PANDEMI COVID-19

ROBIYANSAH, MUCHAMAD (2022) PENGARUH EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE EFIKASI DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMA NEGERI 38 JAKARTA DI ERA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (800kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TABEL OF CONTENT.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (423kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (663kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB) | Preview

Abstract

MUCHAMAD ROBIYANSAH. Pengaruh Efektivitas Media Pembelajaran Online Efikasi Diri dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa SMA Negeri 38 Jakarta Di Era Pandemi Covid-19. Skripsi. Jakarta. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Konsentrasi Pendidikan Ekonomi Koperasi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Jakarta. 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efektivitas media pembelajaran online, efikasi diri terhadap hasil belajar siswa dengan motivasi belajar sebagai variabel mediasi berdasarkan data yang valid dan dapat dipercaya. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 38 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode survey. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI jurusan IPS yang berjumlah 120 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh yakni seluruh populasi dijadikan sampel dalam penelitian ini. Instrument yang digunakan untuk memperoleh data pada variabel X1 (Efektivitas Media Pembelajaran Online), variabel X2 (Efikasi Diri) dan variabel Z (Motivasi Belajar) diukur menggunakan skala likert. Sedangkan untuk variabel Y (Hasil Belajar Siswa) menggunakan data nilai skor hasil ujian siswa yang diberikan oleh guru SMA Negeri 38 Jakarta. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis, uji hipotesis, analisis deskriptif dan analisis jalur. Uji persyaratan analisis yang dilakukan menujukkan hasil yakni data berdistribusi normal dan linear. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas media pembelajaran online tidak berpengaruh terhadap hasil belajar, efikasi diri tidak berpengaruh terhadap hasil belajar, motivasi belajar berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar, efektivitas media pembelajaran online berpengaruh positif signifikan terhadap motivasi belajar, efikasi diri berpengaruh positif signifikan terhadap motivasi belajar, Hal lain dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa motivasi belajar dapat memediasi variabel efektivitas media pembelajaran online dan efikasi diri terhadap hasil belajar. Kata Kunci: Efektivitas Media Pembelajaran Daring, Efikasi Diri, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Ibu Dr. Siti Nurjanah, S.E, M.Si Pembimbing 2 : Aditya Pratama, S.Pd., M.Pd.,
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 06 Oct 2022 07:11
Last Modified: 06 Oct 2022 07:11
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/10601

Actions (login required)

View Item View Item