PENGARUH SELF REGULATED LEARNING DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA DENGAN SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Adha, Adia Maritza (2022) PENGARUH SELF REGULATED LEARNING DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA DENGAN SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
COVER - KATA PENGANTAR.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TABLE OF CONTENT.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - PENDAHULUAN.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text
BAB 2 - KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img]
Preview
Text
BAB 3 - METODE PENELITIAN.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text
BAB 4 - HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5 - HASIL.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (282kB) | Preview

Abstract

ADIA MARITZA ADHA, PENGARUH SELF REGULATED LEARNING DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA DENGAN SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING Selama masa pandemi Covid-19, seluruh pembelajaran di sekolah diarahkan untuk dilakukan di rumah. Seluruh aspek dalam bidang pendidikan membutuhkan adaptasi pada kebijakan ini dan yang paling terdampak dari kebijakan ini ialah siswa. Hasil belajar siswa pada SMA Negeri 8 Kota Tangerang Selatan mengalami penurunan dilihat dari nilai PAS siswa TA 2021/2022 di semester ganjil, yaitu terdapat 80 persen siswa yang memiliki nilai PAS masih dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Salah satu cara mengatasinya adalah siswa harus menerapkan strategi self regulated learning dan self efficacy selama proses pembelajaran daring. Selain itu, siswa juga perlu beradaptasi dengan teknologi yang dapat diukur dengan kemampuan literasi digital siswa dalam penggunaan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara self regulated learning dan literasi digital terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa dengan self efficacy sebagai variabel intervening. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI tahun ajaran 2021/2022 di SMAN 4 Tangerang Selatan dan SMAN 8 Tangerang Selatan yang berjumlah 305 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel sebanyak 174 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan bantuan program IBM SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara self regulated learning dan literasi digital terhadap hasil belajar ekonomi melalui self efficacy sebagai variabel intervening. Kata Kunci: Self Regulated Learning, Literasi Digital, Self Efficacy, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Ibu Prof. Dr. Sri Indah Nikensari, M.Si., Pembimbing 2 : Ibu Siti Fatimah Zahra, S.E.I., M.E.,
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 07 Oct 2022 02:21
Last Modified: 07 Oct 2022 02:21
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/10637

Actions (login required)

View Item View Item