PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA (STUDI PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PEMBANGUNAN EKONOMI PESERTA DIDIK DI SMA)

TAZKIYATUNNUFUS, AYU (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA (STUDI PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PEMBANGUNAN EKONOMI PESERTA DIDIK DI SMA). S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover Skripsi_Ayu Tazkiyatunnufus_1701617006.pdf

Download (854kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Table Of Content_Ayu Tazkiyatunnufus_1701617006.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB 1 Pendahuluan_Ayu Tazkiyatunnufus_1701617006.pdf

Download (379kB) | Preview
[img] Text
4. BAB II Kajian Teoritik_Ayu Tazkiyatunnufus_1701617006.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (732kB)
[img]
Preview
Text
5. BAB III Metodelogi Penelitian_Ayu Tazkiytaunnufus_1701617006.pdf

Download (817kB) | Preview
[img] Text
6. Bab IV Hasil dan Pembahasan_Ayu Tazkiyatunnufus_1701617006.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
7. Bab V Penutup_Ayu Tazkiyatunnufus_1701617006.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka_Ayu Tazkiyatunnufus_1701617006.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. ARTIKEL JURNAL_Ayu Tazkiyatunnufus_1701617006.pdf

Download (578kB) | Preview

Abstract

AYU TAZKIYATUNNUFUS. 1701617006. Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berfikir Kritis Siswa (Studi pada Materi Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi Peserta Didik di SMA), Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Ngeri Jakarta, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian kemampuan berfikir krtitis siswa materi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi yang valid dan reliabel guna untuk mengukur tingkat kemampuan berfikir kritis siswa SMA Negeri 1 Kalianda dan SMA Negeri 2 Kalianda pada Mata Pelajaran Ekonomi. Validasi instrumen penilaian dilakukan dengan beberapa tahap diantaranya validasi ahli dan validasi panelis. Validasi ahli berjumah dua orang yang menghasilkan masukan dalam redaksi instrumen serta validasi panelis berjumlah dua orang terdiri dari guru pelajaran ekonomi. Jenis penelitian ini adalah R & D atau pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Borg and Gall. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan metode Meyer Olkin Measure of Sampling (KMO) dengan menggunakan bantuan software SPSS untuk mengetahui tingkat validitas dari setiap butir instrumen. Uji coba dilakukan sebanyak dua kali. Hasil Uji coba pertama menunjukkan dari 30 butir pertanyaan ada 5 soal yang tidak valid dan harus di drop, yakni untuk butir soal nomor 9 karena r hitung 0,118 yakni lebih kecil dari r tabel 0,349 maka data dinyatakan tidak valid. Selanjutnya untuk butir soal no 12 dan 13 diperoleh r hitung 0,085 dan 0,016 < dari r tabel maka data dinyatakan tidak valid. Data pada Item 24 dan 26 diperoleh hasil 0,034 dan 0,014 < dari r tabel 0,349 maka data dinyatakan tidak valid. Jadi hasil uji coba pertama menunjukkan butir soal no 9, 12, 13 24 dan 26 dinyatakan tidak valid dan peneliti mengambil 25 soal yang valid untuk selanjutnya di uji reliabilitasnya. Hasil dari uji coba pertama ini, didapatkan bahwa instrumen yang diuji reliabel. Yakni nilai Alpha Cronbach 0,757 > 0,6 maka data dinyatakan reliabel. Jadi, dalam penelitian ini menunjukkan hasil instrumen valid dan reliabel. Karena untuk 25 butir soal yang di uji tingkat ke validannya dan reliabilitasnya dalam pembakuan instrumen menunjukkan nilai KMO > 0,5 dan Nilai MSA > 0,5 untuk setiap elemen penafsiran, analisis, evaluasi, kesimpulan, dan penjelasan. Kata Kunci : Pengembangan Instrumen, Kemampuan Berfikir Kritis, Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Bapak Prof. Dr. Ari Saptono, S.E., M.Pd., Pembimbing 2 : Bapak Dr. Suparno, S.Pd., M.Pd.,
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 07 Oct 2022 04:06
Last Modified: 07 Oct 2022 04:06
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/10667

Actions (login required)

View Item View Item