PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA DI JAKARTA

MAHARANI, AMALIA PUTRI (2022) PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA DI JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (659kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (722kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (758kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (467kB) | Preview

Abstract

Amalia Putri Maharani, Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Penggunaan Media Sosial terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa di Jakarta. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bisnis, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kewirusahaan dan penggunaan media sosial dalam mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa di Jakarta. Penelitian ini dilakukan di DKI Jakarta menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan korelasional. Data yang digunakan yaitu data primer yang diperoleh dengan menyebar kuesioner. Metode analisis menggunakan analisis regresi linear berganda, uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Sampel penelitian sebanyak 350 mahasiswa di Jakarta dengan menggunakan teknik non probability sampling dan purposive sampling. Hasil uji validitas instrumen pada penelitian ini p-value sebesar 0.000 yang berarti seluruh instrumen valid. Hasil uji reliabilitas data pada seluruh variabel memperoleh nilai cronbach alpha diatas 0.6 yang berarti seluruh data reliabel. Seluruh data lolos uji asumsi klasik. Persamaan analisis linear berganda memperoleh hasil Y = 1.024 + 0,332 X1 + 0,495 X2 + e yang bernilai positif yang berarti masing-masing variabel memiliki hubungan yang positif atau searah. Hasil uji t untuk variabel X1 dengan Y diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.000 yang berarti memiliki hubungan yang signifikan. Hasil uji t untuk variabel X2 dengan Y memperoleh hasil nilai signifikansi 0.000 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan. Hasil uji F antara variabel X1, X2 dengan Y diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.000 yang berarti variabel X1, X2 memiliki hubungan yang simultan terhadap variabel Y. Berdasarkan hasil uji statistik dapat diperoleh hasil penelitian dalam skripsi ini yaitu (1) pendidikan kewirausahaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, (2) penggunaan media sosial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, (3) pendidikan kewirausahaan dan penggunaan media sosial berpengaruh secara simultan terhadap minat berwirausaha. Kata Kunci : Minat Berwirausaha, Pendidikan Kewirausahaan, Penggunaan Media Sosial

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Prof. Dr. Corry Yohana, MM Pembimbing 2 : Bapak Aditya Pratama, S.Pd., M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Bisnis (Business)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Bisnis
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 07 Oct 2022 16:24
Last Modified: 07 Oct 2022 16:24
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/10697

Actions (login required)

View Item View Item