PENGARUH STRATEGI MARKETING DAN PAYMENT GATEWAY BERBASIS SHOPEEPAY TERHADAP INKLUSI KEUANGAN PENGGUNA APLIKASI SHOPEE DI DKI JAKARTA

WINDIARTI, SOFI (2022) PENGARUH STRATEGI MARKETING DAN PAYMENT GATEWAY BERBASIS SHOPEEPAY TERHADAP INKLUSI KEUANGAN PENGGUNA APLIKASI SHOPEE DI DKI JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
Cover-Lembar Pengesahan-Orisinalitas-Kata Pengantar.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Table of Content (Daftar Isi).pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1 - Skripsi Sofi Windiarti.pdf

Download (240kB) | Preview
[img] Text
Bab II - Kajian Pustaka Sofi Windiarti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[img]
Preview
Text
Bab III - Metode Penelitian Sofi Windiarti.pdf

Download (343kB) | Preview
[img] Text
Bab IV - Pembahasan Sofi Windiarti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img]
Preview
Text
Bab V - Penutup Sofi Windiarti.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka - Sofi Windiarti.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

PENGARUH STRATEGI MARKETING DAN PAYMENT GATEWAY BERBASIS SHOPEEPAY TERHADAP INKLUSI KEUANGAN PENGGUNA APLIKASI SHOPEE DI DKI JAKARTA Inklusi keuangan pengguna aplikasi shopee yang ada di DKI Jakarta dipengaruhi oleh 2 variabel yang sudah diteliti oleh peneliti yaitu variabel strategi marketing (x1) dan payment gateway berbasis shopeepay berpengaruh positif signifikan terhadap inklusi keuangan (y) maka tingkat inklusi keuangan pengguna aplikasi shopee yang ada di DKI Jakarta akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi marketing (x1) dan payment gateway berbasis shopeepay terhadap inklusi keuangan (y1) pengguna aplikasi shopee di DKI Jakarta. Penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan menggunakan data primer yang secara langsung hasil kuesioner atau survei dari responden dengan populasi yang tidak diketahui dan peneliti mengambil 260 sampel yaitu pengguna aplikasi shopee yang ada di DKI Jakarta yang selalu atau pernah menggunakan shopeepay sebagai metode pembayaran ketika belanja online. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi marketing (x1) berpengaruh positif signifikan terhadap inklusi keuangan (y) maka tingkat inklusi keuangan pengguna aplikasi shopee yang ada di DKI Jakarta akan meningkat serta pada variabel payment gateway berbasis shopeepay (x2) juga berpengaruh positif signifikan terhadap inklusi keuangan (y). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dan analisis yang telah dilakukan dengan adanya strategi marketing yang baik yang dilakukan oleh aplikasi shopee tersebut dapat meningkatkan inklusi keuangan. Bagi mahasiswa dapat menerapkan implikasi strategi marketing yang dilakukan oleh aplikasi shopee saat dirinya ingin berbisnis atau berwirausaha. Namun dari sisi negatifnya, dengan adanya pengaruh strategi marketing ini dapat membuat sesorang menjadi lebih impulse buying dan konsumtif. Kata kunci: strategi marketing, payment gateway, inklusi keuangan, shopeepay.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 11 Oct 2022 08:05
Last Modified: 11 Oct 2022 08:05
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/10794

Actions (login required)

View Item View Item