PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) GREEN ECONOMY UNTUK KEBERLANGSUNGAN UMKM (STUDI KASUS PADA TOKO NOL LIMBAH NAKED INC)

IVANKA, IRSYAVIRA (2023) PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) GREEN ECONOMY UNTUK KEBERLANGSUNGAN UMKM (STUDI KASUS PADA TOKO NOL LIMBAH NAKED INC). S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
Cover_kata pengantar.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (235kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Jurnal terbit IJEB_IRSYAVIRA IVANKA.pdf

Download (522kB) | Preview

Abstract

Irsyavira Ivanka, 1701618139, Penerapan Good Corporate Governance (GCG) Green Economy untuk Keberlangsungan UMKM (Studi Kasus Pada Toko Nol Limbah NAKED INC) Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. Objek penelitian ini adalah toko berkonsep nol limbah Naked Inc, Jakarta. Naked Inc adalah toko eceran kebutuhan sehari-hari yang menyediakan produk organik dengan metode belanja tanpa kemasan. Naked.Inc merupakan salah satu green business yang mendukung SDG (Sustainable Development Goals) No.12 Responsible Consumption and Production berinisiatif untuk berkontribusi mengurangi penumpukan sampah yang diakibatkan tingginya tingkat konsumsi maryarakat. Dalam praktiknya usaha UMKM biasanya melakukan, produksi, menjual dan mendapat keuntungan. tanpa memperhitungkan aspek keberlangsungan usaha dan peningkatan pendapatan untuk jangka panjang. Penelitian ini menggunakan metode deksriptif kualitatif. Pengumpulan data melalui studi lapangan seperti wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan penerapan GCG dalam Naked.Inc dan menentukan strategi yang tepat untuk pengembangan toko Naked.Inc dalam sisi penjualan yang diterapkan dimasa mendatang. Menggunakan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats. Hasil penelitian, Berdasarkan hasil triangulasi penerapan prinsip GCG pada UMKM Naked Inc sudah baik menerapkan prinsip transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, dan indepedensi. Tetapi masih belum maksimal pada penerapan prinsip fairness. Strategi yang tepat dicari menggunakan analisis swot dengan menggunakan matriks IFAS, matriks EFAS, matriks SWOT dan Diagram Kartesius SWOT, strategi yang di dapat yakni strategi pada kuadran I yaitu strategi SO strategi menggunakan kekuatan (Kekuatan) memanfaatkan peluang yang ada. Kata kunci : Good Corporate Governance, UMKM, Green Business, SWOT, Zero Waste

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Karuniana Dianta A. S, S.IP., M.E. Pembimbing 2 : Siti Fatimah Zahra, S.E.I., M.E
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 24 Mar 2023 07:35
Last Modified: 24 Mar 2023 07:35
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11099

Actions (login required)

View Item View Item