ANALISIS PENGENDALIAN INTERNAL ATAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENGGAJIAN PADA PT TIRTA KENCANA MAS (ARBOR & TROY)

DZAKI, GIA ANANDA (2023) ANALISIS PENGENDALIAN INTERNAL ATAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENGGAJIAN PADA PT TIRTA KENCANA MAS (ARBOR & TROY). D3 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
COVER - KI GIA.pdf

Download (328kB)
[img] Text
DAFTAR ISI - KI GIA.pdf

Download (42kB)
[img] Text
BAB I - KI GIA.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB II - KI GIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] Text
BAB III - KI GIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
BAB IV - KI GIA.pdf

Download (39kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - KI GIA.pdf

Download (98kB)

Abstract

Gia Ananda Dzaki. 2022. 1704519036. Analisis Pengendalian Internal atas Sistem Informasi Akuntansi Penggajian Pada PT Tirta Kencana Mas (Arbor & Troy). Program Studi D3 Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Jakarta. Penelitian dilaksanakan pada PT Tirta Kencana Mas dengan tujuan untuk mengetahui dan memahami penerapan, masalah serta risiko sistem informasi akuntansi penggajian dan mengetahui dan memahami penerapan, masalah serta risiko pengendalian internal atas sistem informasi akuntansi penggajian PT Tirta Kencana Mas. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif yang menggunakan data primer. Wawancara digunakan untuk mengumpulkan data primer, dan temuan dari wawancara diperiksa. penelitian melibatkan studi kasus dan metode analisis data. Hasil yang diperoleh dari penelitian mengemukakan bahwa di PT Tirta Kencana Mas, pengendalian internal atas sistem informasi akuntansi penggajian sebagian besar telah diterapkan sesuai dengan teori yang berlaku. Namun demikian, beberapa seperti fungsi yang dilakukan oleh fungsi keuangan, proses pembuatan BKK (payment voucher), dan proses pembayaran gaji belum sesuai dengan teori sistem informasi akuntansi penggajian. Pengendalian internal berbeda dengan teori yaitu pembuat daftar gaji dilakukan oleh satu orang yang juga menangani pembayaran gaji, bukti kas keluar tidak diotorisasi akuntansi, dan perhitungan daftar gaji tidak diperiksa keakuratan dan kebenarannya. Adapun saran yang diberikan kepada PT Tirta Kencana Mas adalah melakukan penyempurnaan dan meningkatkan pengendalian internal atas SIA penggajian untuk menjaga aset perusahaan serta meminimalisir kesalahan dan kecurangan yang timbul. Kata Kunci: Pengendalian Internal, Sistem Informasi Akuntansi, Penggajian.

Item Type: Thesis (D3)
Additional Information: Pembimbing : Diah Armeliza, SE., M.Ak
Subjects: Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Akuntansi (Accounting)
Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 Akuntansi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 19 May 2023 02:33
Last Modified: 19 May 2023 02:33
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11259

Actions (login required)

View Item View Item