PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ADMINISTRASI PAJAK KELAS XI MELALUI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI DI JAKARTA TIMUR

OKTAVIANA, VONNY DELIA (2023) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ADMINISTRASI PAJAK KELAS XI MELALUI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI DI JAKARTA TIMUR. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (811kB)
[img] Text
Table Of Content.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (499kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (640kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (827kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (447kB)

Abstract

VONNY DELIA OKTAVIANA, 1701617037, Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Administrasi Pajak Kelas 11 Melalui Motivasi Belajar Siswa SMK Negeri di Jakarta Timur. Skripsi, Jakarta: Fakultas Ekonomi, 2023. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Administrasi Pajak kelas 11 melalui motivasi belajar siswa SMK Negeri di Jakarta Timur. Motode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 122 siswa. Teknik pengujian yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) dan uji hipotesis yang terdiri dari uji T. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kebiasaan belajar terhadap motivasi belajar, tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar, tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar. Dari hasil ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kebiasaan belajar siswa, maka semakin tinggi hasil belajar yang diperoleh siswa, dan sebaliknya. Semakin tinggi kebiasaan belajar siswa, maka semakin tinggi motivasi belajar siswanya, dan sebaliknya. Temuan yang diperoleh yaitu tingkat hasil belajar siswa berada dalam kategori tinggi, sedangkan tingkat kebiasaan belajar dan motivasi belajar siswa termasuk kategori sedang. Rekomendasi bagi siswa, untuk meningkatkan hasil belajar, sebaiknya siswa menyusun jadwal belajar selain di sekolah, baik belajar secara mandiri maupun berkelompok. Kemudian untuk meningkatkan kebiasaan belajar, siswa sebaiknya mampu mengikuti kegiatan pembelajaran dan dapat melaksanakan jadwal belajar yang sudah dibuat. Dan terakhir, untuk meningkatkan motivasi belajar, sebaiknya siswa memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan sikap pantang menyerah ketika dihadapi persoalan yang sulit, sehingga siswa dapat mencari jalan keluar atau jawaban dari persoalan yang ia dapat. Serta bagi penelitian selanjutnya, diharapkan meneliti faktor-faktor hasil belajar lain, seperti teman sebaya, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, minat, dan sebagainya agar dapat memperluas ilmu pengetahuan khususnya faktor apa saja yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Kata kunci: Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dra. Sri Zulaihati, M.Si., Pembimbing 2 : Ati Sumiati, S.Pd., M.M.,
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 17 Jan 2024 07:56
Last Modified: 17 Jan 2024 07:56
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11477

Actions (login required)

View Item View Item