PENGARUH BEHAVIOUR BIASES TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI DIMODERASI OLEH LITERASI KEUANGAN DI PEGAWAI BADAN PEMERIKSA KEUANGAN RI

Virnalici, Virnalici (2024) PENGARUH BEHAVIOUR BIASES TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI DIMODERASI OLEH LITERASI KEUANGAN DI PEGAWAI BADAN PEMERIKSA KEUANGAN RI. S2 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
Pdf Cover Gabung.pdf

Download (642kB)
[img] Text
2. Pdf Table_Of_Content (Daftar Isi).pdf

Download (48kB)
[img] Text
3. Pdf Chapter 1 (Bab. I).pdf

Download (86kB)
[img] Text
4. Pdf Chapter 2 (Bab. II).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text
5. Pdf Chapter 3 (Bab. III).pdf

Download (395kB)
[img] Text
6. Pdf Chapter 4 (Bab. IV).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[img] Text
7. Pdf Chapter 5 (Bab. V).pdf

Download (28kB)
[img] Text
8. Pdf Bibliography (Daftar Pustaka).pdf

Download (122kB)

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh behaviour biases: herding, regret aversion, mental accounting terhadap keputusan investasi dimoderasi oleh literasi keuangan pada pegawai Badan Pemeriksa Keuangan RI. Desain/metodologi/pendekatan – Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain kuesioner dan studi literatur. Untuk survei ini, data dikumpulkan melalui kuesioner terstruktur dari 230 responden pegawai Badan Pemeriksa Keuangan Indonesia. Untuk menganalisisnya digunakan Partial Least Square (PLS) dengan aplikasi SMARPLS 4.0. Temuan – Hasil penelitian menunjukan bahwa herding tidak berpengaruh terhadap keputusan investasi di pegawai Badan Pemeriksa Keuangan RI; regret aversion dan mental accounting serta literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan investasi di pegawai Badan Pemeriksa Keuangan RI. Namun Literasi keuangan tidak mampu memoderasi hubungan antara bias herding, regret aversion, dan mental accounting terhadap keputusan investasi di pegawai Badan Pemeriksa Keuangan RI. Keterbatasan penelitian – Dalam proses pengambilan data, informasi yang diberikan responden melalui kuesioner terkadang tidak menunjukkan pendapat responden yang sebenarnya. Penelitian ini hanya dilakukan terhadap pegawai pemerintah di satu Instansi Negara saja, sehingga ruang lingkup penelitian hanya terbatas dan terfokus pada pegawai Badan Pemeriksa Keuangan RI tahun 2023. Jumlah variabel yang diteliti hanya terdiri dari lima variabel yaitu, behaviour biases: herding, regret aversion, mental accounting, literasi keuangan dan keputusan investasi. Implikasi – Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi konseptual untuk perkembangan ilmu dan riset dalam bidang keuangan untuk dapat memahami secara komprehensif mengenai pengaruh behaviour biases: herding, regret aversion, mental accounting terhadap keputusan investasi dimoderasi oleh literasi keuangan di pegawai Badan Pemeriksa Keuangan RI. Kata Kunci: Behaviour biases, Herding, Regret-aversion, Mental accounting, Literasi keuangan, Keputusan investasi.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Pembimbing 1 : Prof. Dr. IGKA Ulupui, SE, Msi.Ak Pembimbing 2 : Prof. Agung Dharmawan Buchdadi, MM, PhD
Subjects: Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S2 Magister Manajemen
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 28 May 2024 06:36
Last Modified: 28 May 2024 06:36
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11699

Actions (login required)

View Item View Item