PENGARUH KOMPETENSI DAN KREATIVITAS TERHADAP INOVASI PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA (STUDI PADA GURU SMA NEGERI DI JAKARTA PUSAT)

VERNIATI, FARAH (2024) PENGARUH KOMPETENSI DAN KREATIVITAS TERHADAP INOVASI PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA (STUDI PADA GURU SMA NEGERI DI JAKARTA PUSAT). S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
COVER_FARAH VERNIATI_1701619029.pdf

Download (525kB)
[img] Text
TABLE OF CONTENT (DAFTAR ISI)_FARAH VERNIATI_1701619029.pdf

Download (162kB)
[img] Text
CHAPTER 1 (BAB 1)_FARAH VERNIATI_1701619029.pdf

Download (395kB)
[img] Text
CHAPTER 2 (BAB 2)_FARAH VERNIATI_1701619029.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] Text
CHAPTER 3 (BAB 3)_FARAH VERNIATI_1701619029.pdf

Download (301kB)
[img] Text
CHAPTER 4 (BAB 4)_FARAH VERNIATI_1701619029.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB)
[img] Text
CHAPTER 5 (BAB 5)_FARAH VERNIATI_1701619029.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BIBLIOGRAFHY (DAFTAR PUSTAKA)_FARAH VERNIATI_1701619029.pdf

Download (301kB)
[img] Text
JURNAL FULL_FARAH VERNIATI_1701619029.pdf

Download (225kB)

Abstract

FARAH VERNIATI. 1701619029. Pengaruh Kompetensi dan Kreativitas terhadap Inovasi Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka (Studi pada Guru SMA Negeri di Jakarta Pusat). Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2023. Setelah diberlakukannya kurikulum merdeka di Indonesia, pemerintah terus mengupayakan inovasi pada sistem pembelajaran di sekolah. Kurikulum yang mempunyai rencana pada terwujudnya kemerdekaan berpikir baik bagi siswa maupun guru merupakan definisi dari kurikulum merdeka. Untuk menjalankan peran sebagai guru pada proses pembelajaran, guru diwajibkan untuk memahami dan menguasai kompetensi yang telah dimilikinya. Guru yang profesional memiliki banyak keterampilan yang dimilikinya, hal tersebut dapat menciptakan inovasi baru agar kegiatan pembelajaran terdengar menyenangkan. Variasi pembelajaran yang berinovasi juga dapat memudahkan siswa dalam mencerna ilmu yang diberikan oleh guru. Maka dari itu, diperlukannya kreativitas guru dan kompetensi yang dimiliki guru agar inovasi pembelajaran berjalan dengan efisien. Skripsi ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru dan kreativitas guru terhadap inovasi pembelajaran pada kurikulum merdeka. Penelitian ini dilakukan selama enam bulan terhitung mulai bulan Februari 2023 sampai dengan bulan Juli 2023. Metode penelitian skripsi ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif melalui teknik analisis regresi linear berganda. Pemilihan sampel penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh yang menjadikan anggota populasi sebagai sampel dalam penelitian. Perolehan data skripsi ini dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner tertutup yang dilakukan secara online dalam bentuk google form kepada 112 guru SMAN 4 Jakarta, guru SMAN 20 Jakarta, dan guru SMAN 27 Jakarta. Data yang digunakan dalam skripsi ini adalah data primer untuk variabel bebas dan variabel terikat. Analisis data menggunakan software IBM SPSS Statistic 29 dan Eviews 9. Hasil penelitian menemukan bahwasanya kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi pembelajaran, kreativitas guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi pembelajaran, dan kompetensi guru memiliki hubungan korelasi dengan kreativitas guru. Kata Kunci : Kompetensi Guru, Kreativitas Guru, Inovasi Pembelajaran, Kurikulum Merdeka, dan Pendidikan.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dicky Iranto, SE, M.SE., Pembimbing 2 : Dr. Suparno, S.Pd, M.Pd,
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 11 Jun 2024 02:21
Last Modified: 11 Jun 2024 02:21
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11740

Actions (login required)

View Item View Item