ANALISIS AIDA PADA IKLAN KREATIF MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi Kasus Instagram @universalmusicindonesia)

Pringgodarmo, Auryn Amorivia (2025) ANALISIS AIDA PADA IKLAN KREATIF MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi Kasus Instagram @universalmusicindonesia). S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
Cover_Skripsi Auryn Amorivia Pringgodarmo-1702520014 (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Isi_Skripsi_Auryn Amorivia Pringgodarmo_1702520014.pdf

Download (960kB)
[img] Text
BAB 1_Skripsi_Auryn Amorivia Pringgodarmo_1702520014.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB2_Skripsi_Auryn Amorivia Pringgodarmo-1702520014.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3_Skripsi Auryn Amorivia Pringgodarmo-1702520014.pdf

Download (643kB)
[img] Text
BAB 4_Skripsi Auryn Amorivia Pringgodarmo-1702520014.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5_Skripsi Auryn Amorivia Pringgodarmo-1702520014.pdf

Download (631kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Skripsi Auryn Amorivia Pringgodarmo-1702520014.pdf

Download (632kB)
[img] Text
ISC -3093 LOA Auryn Amorivia Pringgodarmo.pdf

Download (265kB)

Abstract

Auryn Amorivia Pringgodarmo “Analisis AIDA Pada Iklan Kreatif Melalui Media Sosial Instagram (Studi Kasus Instagram @universalmusicindonesia)”. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pemasaran Digital, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Jakarta. Tim Pembimbing: Dra. Sholikhah, MM. dan Dewi Agustin Pratama Sari, S.E., M.S.M. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan model AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) dalam strategi pemasaran yang dilakukan oleh Universal Music Indonesia. Model AIDA dianggap sebagai salah satu pendekatan yang dapat membantu merumuskan strategi pemasaran yang efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara tidak ber-struktur kepada sepuluh responden yang melihat iklan musisi dari Universal Music Indonesia di Instagram @universalmusicindonesia. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan model AIDA membantu Universal Music Indonesia dalam menyusun strategi promosi musisi sehingga menarik audiens pada setiap tahap, mulai dari perhatian (Attention) hingga tindakan (Action). Audiens tertarik dengan frekuensi penayangan iklan yang tinggi serta elemen kreatif yang mencerminkan ciri khas album. Informasi yang jelas dalam iklan meningkatkan minat (Interest) dan membangun keinginan (Desire) untuk mendengarkan lagu atau membeli album. Implikasi teoretis dari penelitian ini menunjukkan bahwa model AIDA tetap relevan dalam mendukung efektivitas iklan kreatif. Penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa keterbatasan, seperti jumlah sampel yang terbatas dan fokus yang hanya pada platform Instagram, sehingga disarankan untuk penelitian selanjutnya agar melibatkan wawancara dengan pihak perusahaan dan memperluas cakupan penelitian ke platform media sosial lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Pembimbing 2 :
Subjects: Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service)
Divisions: Fakultas Ekonomi > D4 Pemasaran Digital
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 03 Jun 2025 04:43
Last Modified: 03 Jun 2025 04:43
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12602

Actions (login required)

View Item View Item