PENGARUH SELF-CONFIDENCE, DUKUNGAN SOSIAL, DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF MPLB SMKN 1 BOGOR

AULIA, HILDA (2025) PENGARUH SELF-CONFIDENCE, DUKUNGAN SOSIAL, DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF MPLB SMKN 1 BOGOR. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
Cover.pdf

Download (318kB)
[img] Text
Table-Of-Content.pdf

Download (134kB)
[img] Text
Chapter 1.pdf

Download (255kB)
[img] Text
Chapter 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img] Text
Chapter 3.pdf

Download (376kB)
[img] Text
Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] Text
Chapter 5.pdf

Download (130kB)
[img] Text
Bibliografhy.pdf

Download (272kB)
[img] Text
JURNAL SKRIPSI_Hilda Aulia-1709620018-PAP.pdf

Download (436kB)

Abstract

HILDA AULIA, Pengaruh Self-Confidence, Dukungan Sosial dan Perilaku Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Produktif MPLB SMKN 1 Bogor. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Jakarta, 2025. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepercayaan diri, dukungan sosial, dan perilaku belajar terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran produktif Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB) di SMKN 1 Bogor. Pertanyaan utama dalam penelitian ini mencakup: (1) Apakah self-confidence berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa? (2) Apakah dukungan sosial berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa? (3) Apakah perilaku belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa? (4) Apakah self-confidence, dukungan sosial, dan perilaku belajar secara simultan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel penelitian terdiri dari 175 siswa yang dipilih melalui teknik proportional random sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan regresi linier berganda menggunakan IBM SPSS Statistics versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) self-confidence berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa (t hitung = 3,066 > t tabel = 1,9739), (2) Dukungan sosial berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa (t hitung = 2,103 > t tabel = 1,9739), (3) Perilaku belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa (t hitung = 2,548 > t tabel = 1,9739), dan (4) self-confidence, dukungan sosial, dan perilaku belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa (F hitung = 40,058 > F tabel = 2,66). Berdasarkan hasil temuan ini, disarankan agar siswa meningkatkan kepercayaan diri, memanfaatkan dukungan sosial secara optimal, dan mengembangkan perilaku belajar yang efektif. Selain itu, guru dan sekolah diharapkan menciptakan lingkungan yang kondusif untuk mendukung perkembangan ketiga faktor tersebut guna meningkatkan prestasi belajar siswa. Kata Kunci: self-confidence, dukungan sosial, perilaku belajar, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Roni Faslah, S.Pd., M.M. Pembimbing 2 : Nadya Fadillah F, S.Pd., M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 05 Aug 2025 02:17
Last Modified: 05 Aug 2025 02:17
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12695

Actions (login required)

View Item View Item