PENGARUH SELF-CONTROL DAN SELF-AWARENESS TERHADAP PERILAKU CYBERLOAFING PADA SISWA DI SMKN 8 JAKARTA DENGAN ACADEMIC BURNOUT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Pramesti, Embun Tiara (2025) PENGARUH SELF-CONTROL DAN SELF-AWARENESS TERHADAP PERILAKU CYBERLOAFING PADA SISWA DI SMKN 8 JAKARTA DENGAN ACADEMIC BURNOUT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
1. Embun Tiara Pramesti - Cover.pdf

Download (498kB)
[img] Text
2. Embun Tiara Pramesti - Table_of_Content.pdf

Download (66kB)
[img] Text
3. Embun Tiara Pramesti - Chapter 1.pdf

Download (162kB)
[img] Text
4. Embun Tiara Pramesti - Chapter 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] Text
5. Embun Tiara Pramesti - Chapter 3.pdf

Download (556kB)
[img] Text
6. Embun Tiara Pramesti - Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)
[img] Text
7. Embun Tiara Pramesti - Chapter 5.pdf

Download (69kB)
[img] Text
8. Embun Tiara Pramesti - Bibliography.pdf

Download (214kB)
[img] Text
10. Embun Tiara Pramesti - Jurnal Full.pdf

Download (451kB)

Abstract

Embun Tiara Pramesti, 1709620066. “Pengaruh Self-Control dan SelfAwareness Terhadap Perilaku Cyberloafing Pada Siswa SMKN 8 Jakarta dengan Academic Belajar Sebagai Variabel Mediasi”. Skripsi, Jakarta: Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Jakarta, 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-control, self-awareness, dan academic burnout terhadap perilaku cyberloafing pada siswa SMKN 8 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Structural Equation Modeling (SEM). Populasi dalam penelitian ini sebanyak 180 orang dari siswa kelas XI dan kelas XII Manajemen Perkantoran SMKN 8 Jakarta dangan sampel penelitian 123 orang berdasarkan tabel Isaac dan Michael. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan SEM-PLS dengan software SmartPLS versi 4.0 sebagai alat berhitung. Analisis data pada penelitian ini mencakup analisis model pengukuran, analisis model struktural, dan pengujian hipotesis pengaruh langsung serta hipotesis pengaruh tidak langsung. Hasil outer model pada penelitian ini menunjukkan nilai convergent validity > 0.70, nilai discriminant validity HTMT < 1, dan nilai composite reliability > 0.70. Hasil inner model pada penelitian ini menunjukkan nilai R-Square pada variabel academic burnout kecil dan variabel perilaku cyberloafing kuat; nilai f-Square terkait besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat terdapat dua pengaruh yang rendah, dua pengaruh moderat, dan satu pengaruh tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh self-control terhadap academic burnout secara negatif dan signifikan; pengaruh self-awareness terhadap academic burnout secara negatif dan signifikan; pengaruh self-control terhadap perilaku cyberloafing secara negatif dan signifikan; pengaruh self-awareness terhadap perilaku cyberloafing secara negatif dan signifikan; dan pengaruh academic burnout terhadap perilaku cyberloafing secara positif dan signifikan. Pengaruh mediasi academic burnout terhadap pengaruh self-control terhadap perilaku cyberloafing menunjukkan korelasi negatif dan signifikan; dan academic burnout memediasi pengaruh self-control terhadap perilaku cyberloafing secara negatif dan signifikan. Implikasi pada penelitian ini mencakup aktivitas sosial pada variabel perilaku cyberloafing, kontrol perilaku pada variabel self-control, self confidence pada variabel self-awareness, dan penurunan keyakinan belajar pada academic burnout perlu dipertahankan. Kata Kunci: academic burnout, perilaku cyberloafing, self-awareness, self-control

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Prof. Dr. Rd. Tuty Sariwulan, M.Si., Pembimbing 2 : Maulana Amirul Adha, S.Pd., M.Pd.,
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 05 Aug 2025 04:14
Last Modified: 05 Aug 2025 04:14
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12701

Actions (login required)

View Item View Item