PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, SELF EFFICACY TERHADAP KEBERHASILAN USAHA DENGAN MOTIVASI USAHA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI KASUS PADA UMKM GENERASI MILLENNIAL SEKTOR MAKANAN DI DKI JAKARTA)

FADILAH, NADIAH NURLI (2025) PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, SELF EFFICACY TERHADAP KEBERHASILAN USAHA DENGAN MOTIVASI USAHA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI KASUS PADA UMKM GENERASI MILLENNIAL SEKTOR MAKANAN DI DKI JAKARTA). S2 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
Cover.pdf

Download (479kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (270kB)
[img] Text
Bab. I.pdf

Download (362kB)
[img] Text
Bab. II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[img] Text
Bab. III.pdf

Download (480kB)
[img] Text
Bab. IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB)
[img] Text
Bab. V.pdf

Download (344kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (270kB)
[img] Text
Jurnal Full.pdf

Download (488kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan self-efficacy terhadap keberhasilan usaha dengan motivasi usaha sebagai variabel mediasi. Fokus penelitian ini adalah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang dikelola oleh generasi millennial pada sektor makanan di DKI Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan purposive sampling, melibatkan sejumlah responden pelaku UMKM. Data dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) untuk menguji hubungan antar variabel dengan menggunakan aplikasi software SmartPLS atau Smart Partial Least Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan kewirausahaan tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha, sedangkan pada variabel self-efficacy dan motivasi usaha memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha. Selain itu, pengetahuan kewirausahaan dan self efficacy juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi usaha. Pada variabel pengetahuan kewirausahaan dan self efficacy berpengaruh secara tidak langsung positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha melalui motivasi usaha. Motivasi usaha terbukti berperan sebagai variabel mediasi yang memperkuat hubungan antara pengetahuan kewirausahaan dan self-efficacy dengan keberhasilan usaha. Temuan ini menegaskan pentingnya peningkatan literasi kewirausahaan dan kepercayaan diri bagi pelaku UMKM agar lebih termotivasi dalam menjalankan dan mengembangkan bisnisnya. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya dukungan dari pemerintah dan lembaga terkait dalam meningkatkan kapasitas wirausaha generasi milenial melalui pelatihan, pendampingan, dan akses permodalan yang lebih luas. Dengan demikian, keberhasilan UMKM di sektor makanan dapat lebih optimal dan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi daerah. Kata Kunci: Pengetahuan Kewirausahaan, Self-Efficacy, Motivasi Usaha, Keberhasilan Usaha, UMKM, Generasi Millennial.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Pembimbing 1 : Saparuddin Mukhtar Pembimbing 2 : Karuniana Dianta
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S2 Magister Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 04 Sep 2025 06:33
Last Modified: 04 Sep 2025 06:33
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12759

Actions (login required)

View Item View Item