NURHIDAYAT, FACHRI (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MEMBEDAKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMAN 1 KOTA TANGERANG. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.
|
Text
1. COVER (21).pdf Download (608kB) | Preview |
|
|
Text
2. Table of Content (6).pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB 1 (8).pdf Download (145kB) | Preview |
|
Text
4. BAB 2 (8).pdf Restricted to Repository staff only Download (398kB) |
||
|
Text
5. BAB 3 (8).pdf Download (388kB) | Preview |
|
Text
6. BAB 4 (9).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
7. BAB 5 (7).pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA (9).pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
10. JURNAL (3).pdf Download (225kB) | Preview |
Abstract
FACHRI NURHIDAYAT, Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Untuk Membedakan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMAN 1 Kota Tangerang. Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. 2021 Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) tahapan pengembangan e-modul berbasis problem based learning sebagai bahan ajar ekonomi; (2) kelayakan e-modul ekonomi berbasis problem based learning; (3) perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara kelompok siswa yang menggunakan e-modul dengan kelompok siswa yang tidak menggunakan e-modul. Jenis penelitian ini research and development (R&D) dengan menggunakan desain pengembangan dari ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 2 dengan jumlah siswa 38 orang sebagai kelas eksperimen dan X IIS 1 dengan jumlah siswa 39 orang sebagai kelas kontrol. Pengujian produk menggunakan desain posttest only control design. Teknik analisis menggunakan uji Mann Whitney karena data tidak berdistribusi normal. Hasil peneltian menunjukkan: (1) Tahap penelitian R&D meiliputi a) analisis, b) desain, c) pengembangan; d) impelementasi dan e)evaluasi. Penelitian R&D yang dilakukan berkolaborasi dengan eksperimen, (2) e-modul berbasis problem based learning yang dikembangkan dikategorikan sangat layak. Penilaian ahli materi sebesar 88,2% dengan kategori sangat layak, ahli media sebesar 83,1%, tanggapan oleh peserta didik sebesar 83,6% (3) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol berdasarkan nilai Asymp Sig. (2-tailed) sebesar 0.000<0.05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan e-modul berbasis problem based learning dapat membedakan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: E-Modul, Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Dr. Ari Sptono, SE., M.Pd Pembimbing 2 : Herlitah, S.Sos., M.Ec.Dev |
Subjects: | Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Budi Siswanto |
Date Deposited: | 31 Dec 2021 03:27 |
Last Modified: | 31 Dec 2021 03:27 |
URI: | http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/10132 |
Actions (login required)
View Item |