ANALISIS PERBANDINGAN VOLUME PENJUALAN SEBELUM DAN SESUDAH PENGGUNAAN SISTEM E-COMMERCE PADA UMKM (STUDI KASUS IKOIMSHOP (IKO SHOP) JAKARTA TIMUR)

SINTIA, SINTIA (2019) ANALISIS PERBANDINGAN VOLUME PENJUALAN SEBELUM DAN SESUDAH PENGGUNAAN SISTEM E-COMMERCE PADA UMKM (STUDI KASUS IKOIMSHOP (IKO SHOP) JAKARTA TIMUR). D3 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (322kB)
[img] Text
Table_Of_Contents.pdf

Download (104kB)
[img] Text
Chapter1.pdf

Download (145kB)
[img] Text
Chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
Chapter3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (875kB)
[img] Text
Bibliography.pdf

Download (106kB)
[img] Text
Chapter4.pdf

Download (39kB)

Abstract

SINTIA. 2019. 8323163757. Analisis Perbandingan Volume Penjualan Sebelum dan Sesudah Penggunaan Sistem E-commerce Pada UMKM (Studi Kasus Ikoimshop (Iko Shop) Jakarta Timur). Program Studi D-III Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Jakarta. Peningkatan jumlah UMKM mengakibatkan semakin ketatnya persaingan usaha. Salah satu usaha yang dilakukan UMKM adalah dengan menggunakan sistem e-commerce pada strategi penjualannya. Dalam penulisan karya ilmiah ini, tujuan penulis adalah untuk mengetahui perbandingan volume penjualan sebelum dan sesudah penggunaan sistem e-commerce pada UMKM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif melalui studi pustaka, observasi dan wawancara. Data yang diambil adalah laporan penjualan 6 bulan, yaitu: selama 3 bulan dari bulan Januari 2016 s/d Maret 2016 sebelum memakai E-commerce dan selama 3 bulan dari bulan Januari 2019 s/d Maret 2019 sesudah memakai E-commerce. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya sistem e-commerce, penjualan mengalami peningkatan, dari 54, 64 dan 68 unit yang terjual pada bulan Januari s/d Maret 2016 saat belum menggunakan sistem e-commerce menjadi 596, 410 dan 550 unit yang terjual pada bulan Januari s/d Maret 2019 saat sesudah menggunakan sistem e-commerce. Dan peningkatan penjualan dapat dilihat juga dari sisi total penjualan yang didapatkan, yaitu dari Rp.5.470.000, Rp. 6.370.000 dan Rp. 6.990.000 pada bulan Januari s/d Maret 2016 saat belum menggunakan sistem e-commerce menjadi Rp. 31.928.600, Rp. 23.526.900 dan Rp. 26.258.700 pada bulan Januari s/d Maret 2019 saat sesudah menggunakan sistem e-commerce. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa rata-rata penjualan unit yang terjual sesudah menggunakan sistem e-commerce 87% lebih besar dari sebelum menggunkan sistem e-commerce. Dan juga rata-rata total penjualan sesudah menggunakan sistem e-commerce adalah 76% lebih besar dibandingk

Item Type: Thesis (D3)
Additional Information: Prmbimbing: Dr. I Gusti Ketut Agung Ulupui, SE, M.Si, Ak, Ca.,
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Perdagangan, Komunikasi, Transportasi (Commerce, Communications, Transportation) > Perdagangan (Commerce, Trade)
Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Akuntansi (Accounting)
Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 Akuntansi
Depositing User: Budi Siswanto
Date Deposited: 01 Sep 2019 03:02
Last Modified: 01 Sep 2019 03:02
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/8043

Actions (login required)

View Item View Item