STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DALAM KONDISI COVID-19 PADA SEKTOR INDUSTRI KULINER COFFEE SHOP DI KOTA BOGOR

Widawati, Cindi Dyah (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DALAM KONDISI COVID-19 PADA SEKTOR INDUSTRI KULINER COFFEE SHOP DI KOTA BOGOR. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
Cover - Cindi Dyah Widawati.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - Cindi Dyah Widawati.pdf

Download (330kB) | Preview
[img] Text
BAB 2 - Cindi Dyah Widawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB)
[img]
Preview
Text
BAB 3 - Cindi Dyah Widawati.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text
BAB 4 - Cindi Dyah Widawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (828kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5 - Cindi Dyah Widawati.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka - Cindi Dyah Widawati.pdf

Download (457kB) | Preview

Abstract

Cindi Dyah Widawati, 2022 : Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah dalam Kondisi Covid-19 pada Sektor Industri Kuliner Coffee shop di Kota Bogor. Skripsi, Jakarta : Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, Tim Pembimbing : Dr. Karuniana Dianta A.S., S.IP., M.E. dan Prof. Dr. Saparuddin M., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Profil coffee shop Halaman Belakang dan Sisi Kiri Bogor; (2) Strategi pengembangan yang diterapkan oleh Halaman Belakang dan Sisi Kiri terkait dalam mempertahankan bisnisnya ditengah pandemi covid-19; (3) Peran industri kuliner coffee shop dalam pertumbuhan ekonomi lokal khususnya di Kota Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Bogor pada bulan Mei – Juli 2022. Subjek penelitian ini yaitu para pemilik coffee shop yang sudah mendirikan gerainya sejak sebelum adanya pandemi covid-19, tempat itu diantaranya Halaman Belakang dan Sisi Kiri, Bogor. Hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu terdapat beberapa strategi yang digunakan oleh Halaman Belakang dan Sisi Kiri dalam mempertahankan bisnisnya ditengah pandemi dan masih bertahan hingga setelah pandemi. Salah satunya, srategi memperluas pemasaran dengan promosi melalui event yang sangat memberi dampak positif terhadap kemajuan bisnis yang dijalankan oleh Halaman Belakang dan Sisi Kiri. Semakin bertambahnya coffee shop saat ini pun, memberikan dampak positif terhadap perkembangan ekonomi lokal Kota Bogor yang dimana pada saat ini coffee shop termasuk salah satu UMKM yang sedang hype dan banyak menyerap tenaga kerja di Kota Bogor. Strategi tersebut lah yang nantinya diharapkan dapat di implementasikan dan menjadi bahan pertimbangan bagi pemilik bisnis yang lainnya dalam menghadapi permasalahan perekonomian di Indonesia khususnya untuk mempertahankan usaha yang dimiliki. Kata Kunci: industri kecil, strategi pengembangan UMKM, coffee shop, sumber daya manusia, analisis SWOT.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Karuniana Dianta A.S., S.IP, ME., Pembimbing 2 : Prof. Dr. Saparuddin M., M.Si.,
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Ilmu Sosial (Social Science) > Perdagangan, Komunikasi, Transportasi (Commerce, Communications, Transportation)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 07 Oct 2022 06:06
Last Modified: 07 Oct 2022 06:06
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/10670

Actions (login required)

View Item View Item