Analisis Pengelolaan Standar Operasional Prosedur melalui Elektronik Sistem Manajemen Terpadu (E-SMT) di PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)

Amelia, Dinda (2024) Analisis Pengelolaan Standar Operasional Prosedur melalui Elektronik Sistem Manajemen Terpadu (E-SMT) di PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
Cover.pdf

Download (719kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (315kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (388kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (399kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (829kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (367kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (380kB)

Abstract

Dinda Amelia, 2024. 17035200005. “Analisis Pengelolaan Standar Operasional Prosedur melalui Elektronik Sistem Manajemen Terpadu (ESMT) di PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)”. Prodi D-4 Administrasi Perkantoran Digital. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menambah informasi dan pengetahuan terkait inovasi digitalisasi yang dikembangkan dan diimplementasikan oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) yaitu Elektronik Sistem Manajemen Terpadu guna menunjang kebutuhan pekerjaan perkantoran sehari-hari dengan diawali dari proses administrasi (pengajuan), proses penyusunan, proses pengesahan hingga proses penyimpanan dokumen prosedur perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan bersifat kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu studi observasi, studi kepustakaan, wawancara dan dokumentasi sebagai data primer sedangkan data sekunder yang digunakan adalah artikel/jurnal terdahulu dan buku yang berkaitan dengan penelitian. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teknik purposive sampling dalam pengambilan sebagian sumber data yaitu informan atau subjek penelitian dari seluruh jumlah informan yang ada, sehingga menjadi sumber data yang relevan dengan topik penelitian. Dan peneliti melakukan keabsahan data didalam penelitian ini dengan teknik triangulasi dan dalam menganalisis data peneliti menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi E-SMT sampai saat ini telah berjalan dengan baik sesuai fungsi dalam pengelolaan SOP di ASDP. Namun, berkaitan dengan efektivitas pada E-SMT belum tergolong efektif. Sehingga, adanya Implikasi dari penelitian ini yaitu untuk mencapai kinerja karyawan yang tergolong lebih efektif maka perusahaan harus memperhatikan kendala yang terjadi dan mengembangkan aplikasi E-SMT yang dirancang dan dibangun agar proses pengelolaan SOP dapat berjalan sepenuhnya secara digital sehingga tidak ada lagi proses manual di dalamnya. Keywords: Elektronik Sistem Manajemen Terpadu; Digitalisasi SOP; Implementasi; Efektivitas; Aplikasi

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1:Prof. Dr. Puji Wahono, S.E., M.Si Pembimbing 2:Rizki Firdausi Rachmadania, SE., M.SM
Subjects: Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Inovasi, Penemuan dan Paten (Inovations and Patens)
Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Layanan Kantor (Office Services)
Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Manajemen Umum (General Management) > Manajemen Perusahaan (Management for Enterprises)
Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Manajemen Umum (General Management) > Manajemen Organisasi (Organizations)
Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Manajemen Umum (General Management) > Manajemen Kontrol dan Kualitas (Control and Quality Management)
Divisions: Fakultas Ekonomi > D4 Administrasi Perkantoran Digital
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 09 Oct 2024 02:39
Last Modified: 09 Oct 2024 02:39
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12066

Actions (login required)

View Item View Item