ANALISIS PELATIHAN KERJA PADA PT PATRA JASA

RAHMADHANI, DESTIN AYU (2024) ANALISIS PELATIHAN KERJA PADA PT PATRA JASA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
PDF COVER DESTIN AYU.pdf

Download (570kB)
[img] Text
PDF DAFTAR ISI DESTIN AYU.pdf

Download (2MB)
[img] Text
PDF BAB I DESTIN AYU.pdf

Download (415kB)
[img] Text
PDF BAB II DESTIN AYU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
PDF BAB III DESTIN AYU.pdf

Download (2MB)
[img] Text
PDF BAB IV DESTIN AYU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
PDF BAB V DESTIN AYU.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PDF DAFTAR PUSTAKA DESTIN AYU.pdf

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL FULL_DESTIN AYU.pdf

Download (415kB)

Abstract

DESTIN AYU RAHMADHANI 2024. 1703520058.Analisis Pelatihan Kerja pada PT Patra Jasa. Program Studi D4 Administrasi Perkantoran Digital Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilakukan pada PT Patra Jasa, yang bertujuan untuk mengetahui program pelatihan kerja pada karyawan PT Patra Jasa apakah pelatihan kerja sudah terlaksana dengan rutin dan optimal.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatifdengan metode pengumpulan dataobservasi,wawancara, dandokumentasi.Peneliti melakukan penelitian secara objektif terhadap kenyataan subjektif yang diteliti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui SOP pelatihan kerja,mengetahui proses pelatihan kerja, mengetahui kendala dan tantangan yang dihadapi oleh PT Patra Jasa. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini menyatakan bahwa pada pelatihan kerja pada PT Patra JasaStandar Operasional Prosedur (SOP) sudah tersusun dan dilaksanakan dengan baik untuk memastikan efektivitas, efisiensi, dan konsistensi pelatihan kerja. SOP tersebut mencakup berbagai langkah seperti identifikasi dan review standar kompetensi, pembuatan matriks kompetensi,pelatihan, analisis kebutuhan pelatihanatau TNA (Training Need Analysis), serta evaluasi efektivitas dan dampakpelatihan. Proses pelatihan di PT Patra Jasa melalui beberapatahapansepertiidentifikasi kebutuhan melalui analisis data, survei, dan wawancara, perencanaanpelatihan, pelaksanaanpelatihan, hingga evaluasi hasil.Identifikasi kebutuhan dilakukan melalui analisis data, survei, dan wawancara untuk menentukan kebutuhan pelatihan setiap divisi.Meskipun demikian, pelatihan kerja menghadapikendala dan tantanganseperti kesulitan penentuan jadwal pelaksanaan karena banyakanya permintaan pelatihan, keterbatasan fasilitas dan anggaran, serta pelaksanaan yang kurang efektif jika dilakukan secara online atau tidak dihadiri oleh karyawankarena tidak bisa meninggalkan pekerjaannya. Untuk mengatasi kendala dan tantangan ini, perlu adanya pendekatan strategis yang melibatkan perencanaan yang cermat, alokasi sumber daya yang memadai, serta penyesuaian program pelatihan sesuai dengan kebutuhan dan situasi spesifik perusahaan. Selain itu, melibatkan karyawan dalam proses perencanaan dapat meningkatkan partisipasi dan efektifitas pelatihan. Kata kunci: PelatihanKerja,SOP Pelatihan,Tantangan Pelatihan

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1:Susan Febriantina, S.Pd, M.Pd Pembimbing 2:Maulana Amirul Adha, S.Pd., M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Manajemen Umum (General Management) > Manajemen Organisasi (Organizations)
Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Manajemen Umum (General Management) > Manajemen Perlengkapan, Manajemen Peralatan, Manajemen Perbekalan (Equipment Management)
Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Manajemen Umum (General Management) > Manajemen Sumber Daya Manusia (Personnel Management)
Divisions: Fakultas Ekonomi > D4 Administrasi Perkantoran Digital
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 09 Oct 2024 02:35
Last Modified: 09 Oct 2024 02:35
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12065

Actions (login required)

View Item View Item